ARTI PENTING PARIWISATA DALAM PEREKONOMIAN
Menurut Prof. J.C. Rietveldt dalam Drs. H.Oka A.Yoeti (2013) bahwa setiap manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhinya untuk memungkinkan hidup atau memperoleh kesenangan dalam penghidupannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus ada alat-alat pemenuhan kebutuhaan ialah barang dan jasa. Untuk memuaskan kebutuhan itulah yang menjadi pendorong atau motif bagi orang-orang untuk melakukan perjalananan salah satunya dengan berwisata. Kegiatan perjalanan wisata tersebut memberi pengaruh dalam kehidupan perekonomian baik langsung maupun tidak langsung. Pariwisata meliputi pergerakan manusia, barang, dan jasa yang terkait dengan organisasi, hubungan-hubungan kelembagaan, dan individu, kebutuhan layanan, penyediaan kebutuhan layanan. Unsur-unsur itu merupakan subsistem yang saling terkait dalam sebuah kaitan fungsional yang membentuk sebuah sistem Pariwisata. Subsistem yang dimaksud adalah subsistem: permintaan, penawaran, dan Lingkungan atau konfigurasi (RIDWAN 2020).
Keuntungan yang diharapkan dari kegiatan pariwisata:(Drs. H.Oka A.Yoeti 2013)
- Peningkatan pertumbuhan urbanisasi sebagai akibat adanya pembangunan prasarana dan sarana kepariwisataan
- Adanya pertumbuhan kegiatan industry yang berhubungan dengan pelayawan wisatawan seperti perusahaan pengangkutan, akomodasi perhotelan, restoran, entertaiments, souvenir shop, kesenian daerah, handricraft, perusahaan mebel, decoration and gathering, pendidikan dll
- Meningkatkan produk hasil kebudayaan disebebkan meningkatnya konsumsi oleh para wisatawan
- Penyebaran pemerataan pendapatan
- Membantu dalam pemerataan pendapatan penduduk dunia, Hal ini dapat terjadi dengan
adanya perindahan uang dari Negara-negara yang kaya ke Negara-negera yang miskin.
- Salah satu jalan atau usaha pemerintah dalam rangka meningkatkan penghasilan
devisa Negara
- Menimbulkan efek multiplier pada Negara-negara tourist receiving countries diataranya
meliputi:
- Tourism Multiplier
Yaitu timbul sebagai akibat pengeluaran wisatawan, karena tibul transaksi berantai dalam masyarakat yang dapat menciptakan pendapatan bagi kegiatan ekonomi secara umum
- Investment Multiplier
Banyaknya wisatawan yang datang pada suatau daerah maka memerlukan peralatan sebagai sarana dan prasarana kepariwisataan sehingga perlu diadaka investasi yang cukup besar pada beberapa daerah tujuan wisata
- Foreign Trade Multiplier
Datangnya wisatawan di beberapa Negara menimbulkan pandangan atau saling
interaksi timbal balik antara indivisu-individu yang saling berkomunikasi
- Tourism Multiplier
- Memperluas pasaran barang-barang yang dihasilkan dalam negeri
- Pariwisata dapat memulihkan kesehatan baik jasmani maupun rokhani sebagai akibar terhindar dari kesibukan dan tekanan sehari-hari,memperoleh udara segar dan menikmati perlakuan yang menyenangkan
- Pariwisata dapat menghilangkan prasangka dan kepicikan serta membantu menciptakan saling pengertian antara penduduk yang dating dan penduduk yang dikunjungi.
REFERENCE
Drs. H.Oka A.Yoeti, MBA. 2013. Pemasaran Pariwisata. Bandug: CV Angkasa. RIDWAN, Ridwan. 2020. Ekonomi Dan Pariwisata. Penerbit Garis Khatulistiwa.