Apakah Kopi Mampu Menjadi Indentitas Branding Kota Blitar?

Sudah bukan lagi menjadi sesuatu yang menakjubkan bahwa saat ini minuman berbahan dasar kopi menjadi konsumsi idaman dari setiap lapisan masyarakat di Indonesia. Begitupun fenomena yang sedang terjadi  di Kota Blitar, seusai pandemic covid-19 dinyatakan usai industri kopi di kota ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terbukti dengan data dari Asosiasi Perkopian Indonesia di Kota Blitar menyatakan data sebagai berikut.

Sumber: Asosiasi Kopi Indonesia Kota Blitar

Perkembangan coffeeshop dari tahun 2021 hingga 2023 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini menjadi hal yang menarik mengingat Kota Blitar merupakan salah satu kota terkecil di Kota Blitar, dan bahkan hanya terdiri dari 3 kecamatan saja. Fakta yang unik adalah, terdapat 8 coffeeshop yang berdekatan di area 2km2. Adapun beberapa dari coffeeshop tersebut merupakan brand terkenal dari luar kota yang sengaja mengembangkan pangsa pasarnya di Kota Blitar. Apakah benar, pertimbangan yang sangat signifikan sudah dilakukan oleh para brand-brand tersebut? Sebab tak sedikit pula diantara sekian banyak ada yang memutuskan untuk menutup gerai mereka dikarenakan perputaran cashflow yang tidak baik.

Terlepas dari data coffeeshop dan roastery sesuai dengan paparan data diatas, Kota Blitar didukung juga dengan perkembangan komunitas kopi seperti, Senandung Laras Kopi, Keluar Tandang, Blitar Coffee Movement yang sering mengadakan acara bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait industri kopi ini. Adapun yang sudah pernah dilakukan oleh komunitas adalah V60 battle, pelatihan barista, pelatihan meroasting kopi, sertifikasi barista dll. Salah satu acara terkait Industri kopi yang cukup fantastis di Kota Blitar ini adalah Soekarno Coffee Festival yang sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kota Blitar, hingga pada akhirnya berhasil menjadi salah satu acara yang masuk dalam katagori Karisma Event Nusantara. Oleh karena itu, apakah benar potensi yang luar biasa ini sudah mampu menjadi modal untuk menjadikan Kopi sebagai salah satu identitas branding dari Kota Blitar?

Pelatihan Dasar Barista

Sumber: Senandung Laras Kopi

 

V60 Battle

Sumber: Dokumentasi Pribadi

 

Latte Art Competition

Sumber: Keluar Tandang

 

Author: Wilyan Adiasari S.E., M.M

wilyanadia@binus.ac.id