Apa Pengertian Metaverse?

  1. Pendahuluan

Bayangkan suatu dunia virtual tempat orang dapat berinteraksi, berwirausaha, bekerja, dan berbelanja dengan orang lain senyaman rumah mereka. Dunia ini sekarang dikenal sebagai metaverse. Sejak Facebook mengganti namanya menjadi Meta pada Oktober 2021, konsep metaverse yang mengilhami nama baru tersebut telah menjadi topik diskusi yang sedang hangat di seluruh dunia. Facebook atau Meta pada waktu itu, telah mengumumkan untuk menghabiskan $10 miliar selama beberapa tahun kedepan untuk membangun teknologi metaverse dan mengeksplorasi lebih banyak peluang. Metaverse menjadi penting bagi bisnis dan wirausaha karena menawarkan cara baru bagi bisnis dan wirausaha untuk berkomunikasi, bertransaksi dan berkolaborasi dengan pengguna dari mana saja di dunia secara virtual. Ini juga mendukung ekonomi virtual secara keseluruhan di mana pengguna dapat menikmati berbagai aktivitas seperti membangun bisnis di dunia nyata (Rawat, 2022; Zuckerberg, 2021). Metaverse diperkirakan akan menjadi platform pemasaran masa depan yang baru bagi bisnis dan wirausaha untuk menghadirkan dan menghidupkan semua jenis merek dalam ruang digital interaktif 3D (Hollensen et al., 2022) di era ekonomi digital (Purnomo et al., 2022). Istilah metaverse pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson pada novel fiksi berjudul Snow Crash (Stephenson, 1992). Studi ini mengkaji beberapa pengertian yang berkembang terkait Metaverse.

  1. Pengertian Metaverse

Gambaran umum tentang definisi metaverse dari beberapa pemahaman yang berbeda disajikan pada Tabel 1.

Tabel 1. Pengertian Metaverse

Peneliti Pengertian Metaverse
(Clemens, 2022) “Metaverse ada sebagai augmentasi dari dunia nyata, lingkungan tiga dimensi yang memungkinkan individu untuk menembus dan terlibat.”
(Hollensen et al., 2022) “Metaverse adalah salinan digital dari cara kita bekerja di dunia fisik. Di ruang digital 3D ini, pengguna dapat berkumpul melalui avatar yang menyerupai mereka.”
(Nicely, 2022) “Metaverse mengacu pada dunia virtual online bersama, mirip dengan video game seperti Second Life atau Pokémon Go. Ini (metaverse) adalah lingkungan tiga dimensi yang realistis di mana orang dapat menjelajahi dan berinteraksi dengan orang lain secara real time.”
(Gupta, 2022) “Metaverse adalah ruang terbuka virtual kolektif, yang diciptakan oleh konvergensi realitas fisik dan digital yang hampir disempurnakan. Ini (metaverse) secara fisik persisten dan memberikan pengalaman imersif yang ditingkatkan.”
(Clergue, 2022) “Metaverse adalah lingkungan imersif virtual tempat orang dapat berinteraksi, bermain, dan membeli. Ini menggabungkan realitas virtual, augmented reality dan video interaktif.”
(Weston, 2022) Metaverse adalah “dunia virtual dengan fitur yang memungkinkan orang untuk menjelajahi ruang digital dan berinteraksi dengan pengguna lain memiliki banyak keunggulan yang cocok untuk mengembangkan bisnis.”
(Dodhia, 2022) Metaverse adalah “kumpulan teknologi yang memungkinkan kita berinteraksi di dunia maya. Paling umum, teknologi tersebut melibatkan augmented reality atau virtual reality dan video.”
(Stefanic, 2022) “Metaverse mengacu pada dunia 3D online yang diakses melalui komputer, perangkat pintar, augmented reality dan headset realitas virtual. Interaksi dan keterlibatan adalah inti dari prinsip-prinsip metaverse, memastikan bahwa pengguna dapat sepenuhnya tenggelam dalam lingkungan online yang difasilitasi oleh teknologi metaverse.”
(Klubnikin, 2022) “Metaverse adalah perangkat dan ruang terbuka virtual kolektif vendor-agnostik yang menggabungkan dunia fisik dan digital. Di ruang itu, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain melalui avatar 3D. Selain itu, mereka membuat dan membeli aset digital — seringkali dalam bentuk nun-fungible token (NFT).”
(Purdy, 2022) “Metaverse umumnya dianggap sebagai jaringan dunia virtual 3-D di mana orang dapat berinteraksi, melakukan bisnis, dan menjalin hubungan sosial melalui avatar virtual mereka. Anggap saja (metaverse) sebagai versi realitas virtual dari internet saat ini.”
(Srivastava, 2022) “Metaverse akan menjadi penyatuan realitas fisik dan virtual yang memungkinkan interaksi peer-to-peer, seperti aslinya dalam lingkungan kerja digital. Kolaborasi akan meniru pengalaman dunia nyata di mana elemen AR dan VR akan bergabung untuk memungkinkan pengguna mengalami kondisi nyata yang tidak dibatasi oleh hukum fisika.”
(Metamandrill, 2022) “Metaverse pada dasarnya adalah penggabungan antara dunia online dan fisik untuk menciptakan sesuatu yang baru. Menggunakan perangkat seperti headset realitas virtual atau bahkan aplikasi augmented reality memungkinkan Anda menjelajahi realitas baru ini sebagai lingkungan 3D yang imersif dan tak terbatas. Metaverse tidak terbatas dan tanpa batasan fisik yang melekat pada dunia normal. Ini berarti bahwa metaverse dapat terlihat dan bahkan beroperasi dengan cara yang sangat berbeda dari biasanya. Dan sifat online metaverse berarti Anda dapat mengalami semuanya di seluruh lingkungan sosial. Ini pada dasarnya adalah dunia yang hanya dibatasi oleh imajinasi manusia.”
(Zuckerberg, 2021) “Internet yang diwujudkan di mana Anda berada dalam pengalaman, tidak hanya melihatnya. Kami menyebutnya metaverse.”

 

III. Penutup

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, kita dapat memaknai Metaverse sebagai integrasi dan augmentasi antara dunia fisik kedalam dunia digital untuk beragam interaksi kegiatan dan aset digital.

References

Clemens, A. (2022). Metaverse For Beginners: A Guide To Help You Learn About Metaverse, Virtual Reality And Investing In NFTs. Independently published.

Clergue, V. (2022). Business opportunities: Is the Metaverse the right way to go? EHL Hospitality Business School. https://hospitalityinsights.ehl.edu/business-opportunities-is-metaverse-the-way-to-go

Dodhia, Z. (2022). How To Build Your Business Brand in the Metaverse. Readwrite. https://readwrite.com/how-to-build-your-business-brand-in-the-metaverse/

Gupta, A. (2022). What Is a Metaverse? Gartner, Inc. https://www.gartner.com/en/articles/what-is-a-metaverse

Hollensen, S., Kotler, P., & Opresnik, M. O. (2022). Metaverse – the new marketing universe. Journal of Business Strategy. https://doi.org/10.1108/JBS-01-2022-0014

Klubnikin, A. (2022). The complete metaverse guide for business leaders. Itrex Group. https://itrexgroup.com/blog/metaverse-for-business-complete-guide-examples-applications/#header

Metamandrill. (2022). Metaverse Companies Building The Future: An Overview. Metamandrill. https://metamandrill.com/metaverse-companies/

Nicely, L. (2022). 4 Enterprise Areas For Business Leaders To Explore In The Metaverse. Forbes. https://www.forbes.com/sites/theyec/2022/05/25/4-enterprise-areas-for-business-leaders-to-explore-in-the-metaverse/?sh=638c44c822be

Purdy, M. (2022). How the Metaverse Could Change Work. Harvard Business Review. https://hbr.org/2022/04/how-the-metaverse-could-change-work

Purnomo, A., Susanti, T., Rosyidah, E., Firdausi, N., & Idhom, M. (2022). Digital economy research: Thirty-five years insights of retrospective review. Procedia Computer Science, 197, 68–75. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.119

Rawat, A. (2022). How can your business enter the Metaverse? Appinventiv. https://appinventiv.com/blog/metaverse-for-business/

Srivastava, S. (2022). Metaverse: The New Web is Here, Where are You? Appinventiv. https://appinventiv.com/blog/what-is-metaverse/

Stefanic, D. (2022). An Introduction to the Metaverse for Business. Prosper2Media. https://businessadvice.co.uk/business-development/an-introduction-to-the-metaverse/

Stephenson, N. (1992). Snow Crash. Random House Worlds.

Weston, G. (2022). 5 Profitable Business Opportunities in Metaverse. 101 Blockchains. https://101blockchains.com/business-opportunities-in-metaverse/

Zuckerberg, M. (2021). Founder’s Letter, 2021. Meta. https://about.fb.com/news/2021/10/founders-letter/

AGUNG PURNOMO, S.P., MBA