Pembelajaran Jarak Jauh Pada Periode Covid 19 Lanjutan Part 1

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, banyak institusi menggunakan pendekatan pembelajaran online yang lebih sederhana, yaitu konferensi video: ketika orang-orang dalam dua atau lokasi yang lebih jauh dapat berkomunikasi secara real-time menggunakan audio dan video langsung (Anastasiades et al., 2010). Berbagai alat produktivitas berbasis cloud seperti Google Drive, Gmail, dan Google Documents juga digunakan di atas konferensi video (Basilaia, Dgebuadze, Kantaria, & Chokhonelidze, 2020; Huang et al., 2020). Tren penggunaan konferensi video dengan alat produktivitas berbasis cloud sebagai alat pendukung selama penutupan sekolah terkait Covid-19 terlihat jelas di banyak institusi di seluruh dunia; membuat jarak belajar selama penutupan sekolah unik dan tidak semua temuan dari penelitian sebelumnya yang menyelidiki  pembelajaran jarak jauh dapat langsung diterapkan pada jarak saat ini pembelajaran. Meskipun sikap siswa terhadap pembelajaran jarak jauh dan efektivitasnya dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka tradisional masih bervariasi dari penelitian ke penelitian, itu adalah satu-satunya solusi yang layak dalam situasi saat ini (Allen et al., 2004; Hannay & Newvine, 2006). Jadi, karena fakta-fakta berikut:

  • Pembelajaran jarak jauh selama Covid-19 adalah unik;
  • Ini adalah satu-satunya solusi yang layak untuk pendidikan selama penutupan sekolah; dan
  • Sementara pembelajaran jarak jauh telah dimulai di sebagian besar negara pada bulan Maret, siswa masih lebih memilih pembelajaran tatap muka konvensional; penelitian ini tertarik bagaimana meningkatkan pemahaman kita tentang pembelajaran jarak jauh selama penutupan sekolah akibat Covid-19 (Adnan & Anwar, 2020; Amir et al., 2020).

 

Untuk melakukan ini, aspek pembelajaran online akan menjadi fokus penelitian ini. Saat menangani interaksi antara manusia dan teknologi, tema utama biasanya diselidiki tentang: penerimaan teknologi (Hornbæk & Hertzum, 2017; Mun & Hwang, 2003). Penerimaan teknologi mengacu pada konsep yang sangat penting bagi keberhasilan suatu sistem informasi (Stone, Good, & Baker-Eveleth, 2007); itu digambarkan sebagai kesediaan pengguna untuk memanfaatkan teknologi tertentu (Teo, 2014). Dengan memahami apa yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap teknologi, para pemangku kepentingan akan dapat merumuskan strategi yang paling tepat untuk meningkatkan sistem.

 

 

Referensi:

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45-51.

Allen, M., Mabry, E., Mattrey, M., Bourhis, J., Titsworth, S., & Burrell, N. (2004). Evaluating the effectiveness of distance learning: A comparison using meta‐analysis. Journal of communication, 54(3), 402-420.

Amir, L. R., Tanti, I., Maharani, D. A., Wimardhani, Y. S., Julia, V., Sulijaya, B., & Puspitawati, R. (2020). Student perspective of classroom and distance learning during COVID-19 pandemic in the undergraduate dental study program Universitas Indonesia. BMC medical education, 20(1), 1-8.

Anastasiades, P. S., Filippousis, G., Karvunis, L., Siakas, S., Tomazinakis, A., Giza, P., & Mastoraki, H. (2010). Interactive Videoconferencing for collaborative learning at a distance in the school of 21st century: A case study in elementary schools in Greece. Computers & Education, 54(2), 321-339.

Basilaia, G., Dgebuadze, M., Kantaria, M., & Chokhonelidze, G. (2020). Replacing the classic learning form at universities as an immediate response to the COVID-19 virus infection in Georgia. International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, 8(3), 101-108.

Hannay, M., & Newvine, T. (2006). Perceptions of distance learning: A comparison of online and traditional learning. Journal of online learning and teaching, 2(1), 1-11.

Hornbæk, K., & Hertzum, M. (2017). Technology acceptance and user experience: A review of the experiential component in HCI. ACM Transactions on Computer-Human Interaction (TOCHI), 24(5), 1-30.

Huang, R., Tlili, A., Chang, T.-W., Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2020). Disrupted classes, undisrupted learning during COVID-19 outbreak in China: application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments, 7(1), 1-15.

Mun, Y. Y., & Hwang, Y. (2003). Predicting the use of web-based information systems: self-efficacy, enjoyment, learning goal orientation, and the technology acceptance model. International journal of human-computer studies, 59(4), 431-449.

Stone, R. W., Good, D. J., & Baker-Eveleth, L. (2007). The impact of information technology on individual and firm marketing performance. Behaviour & Information Technology, 26(6), 465-482.

Teo, T. (2014). Unpacking teachers’ acceptance of technology: Tests of measurement invariance and latent mean differences. Computers & Education, 75, 127-135.

SATRIA FADIL PERSADA, S.KOM., MBA., PH.D