TEKNOLOGI MEMBAWA PELUANG BISNIS

Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Teknologi berkembang seiring perkembangan kebutuhan manusia, secara umum teknologi muncul karena ada kebutuhan. Kebutuhan manusia terus berkembang tentunya teknologi juga terus berkembang. Sebagai contoh, kalau dulu kebutuhan komunikasi jarak jauh dilakukan dengan telegram atau surat, orang tidak puas. Mereka membutuhkan sarana komunikasi lebih cepat, terciptalah teknologi telepon. Tidak puas dengan telepon yang hanya bisa diakses dari tempat tertentu, memunculkan teknologi seluler. Orang bisa melakukan kontak jarak jauh darimana saja selama ada jaringan seluler diarea tersebut. Apakah berhenti sampai disini, tentu tidak. Belum puas dengan hanya bisa bicara jarak jauh memunculkan teknologi video call yang memungkinkan orang bisa berkomunikasi sekaligus melihat secara langsung fisik dari lawan bicara. Entah apa lagi teknologi yang akan muncul dikemudian hari, pada dasarnya teknologi akan selalu berkembang seiring keinginan manusia, bukan lagi sesuai kebutuhan manusia.

Lantas apa pengaruh perkembangan teknologi terhadap dunia bisnis? Tentu banyak sekali, perkembangan teknologi membawa rantai peluang bisnis yang panjang. Artinya dengan munculnya satu teknologi baru maka akan muncul banyak peluang bisnis yang menyertainya. Bisa juga karena munculnya peluang baru ini akan membunuh bisnis yang sudah ada. Coba kita perhatikan, munculnya teknologi internet sebagai pengembangan teknologi telekomunikasi. Diawal adanya internet muncul warnet yang menyediakan fasilitas akses internet disatu tempat, peluang ini membunuh bisnis wartel yang sebelumnya sudah eksis. Munculnya internet menjadikan peluang bagi perusahaan telepon seluler untuk menjual bukan saja paket telepon tetapi paket data seluler yang bisa digunakan untuk mengakses internet.  Mudahnya mengakses internet membuat orang menjadi mudah memasarkan produk dan menjalin kerjasama bisnis dengan orang-orang yang jaraknya jauh. Dari sini akhirnya muncul model pemasaran baru yaitu digital marketing. Digital marketing memunculkan banyak peluang usaha seperti online shop, konsultan, jasa pengiriman barang dan sebagainya. Peluang itu bisa berhubungan secara langsung maupun secara tidak langsung dengan teknologi internet.

Bagi mereka yang masih mencari ide bisnis bisa mengambil pelajaran dari perkembangan teknologi. Perubahan dan perkembangan teknologi membawa rantai peluang bisnis yang panjang. Artinya masih banyak yang bisa kita jadikan ide bisnis hanya dengan mempelajari perkembangan teknologi. Orang yang mau belajar perubahan teknologi akan merasa mudah mendapatkan ide bisnis. Mereka yang tidak mau belajar perkembangan teknologi akan selalu kesulitan mencari peluang bisnis. Makanya tidak heran dalam setiap seminar bisnis selalu ada pertanyaan: “ Saya ingin berbisnis tapi tidak tahu harus berbisnis apa?

Salam Sukses-KL

DR. KUKUH LUKIYANTO, S.T., M.M., M.T