MENGHADAPI KESULITAN

Kebanyakan orang sepakat pandemi covid19 menciptakan kesulitan bagi semua lini kehidupan. Terlebih bagi mereka yang menjalankan usaha sendiri, disatu sisi kehidupan pribadi terganggu, disisi lain masih harus memikirkan keberlangsungan usaha, memikirkan karyawan dan banyak hal lainnya. Nampak dalam pemandangan kasad mata kita semua sulit, padahal tidak semua mengalami demikian. Ada orang-orang yang justru sukses ketika pandemic covid19 memporak porandakan hampir semua sektor kehidupan.

Contoh sederhana, ada pedagang kelontong disatu komplek perumahan yang justru omsetnya meningkat ketika pandemic covid19. Sebelumnya model bisnis mereka hanya menunggu pembeli datang. Pembatasan aktifitas seseorang memunculkan ide order. Mereka membuat brosur yang berisi daftar dagangan dan fasilitas pengiriman. Brosur itu disebarkan ke seluruh penghuni perumahan. Dalam kondisi harus menghindari kontak dengan orang luar, informasi ini menjadi pilihan penghuni perumahan. Ditambah lagi penjagaan yang ketat bagi orang luar masuk komplek menjadikan toko ini pilihan utama warga sekitar.

Pengalaman diatas menunjukkan dalam situasi sulit sekalipun tetap ada peluang jika kita mau kreatif. Orang-orang kreatif tidak akan kehilangan kesempatan dalam situasi apapun. Kita bisa lihat juga, covid19 menimbulkan gelombang PHK dimana-mana. PHK adalah situasi sulit bagi siapapun, tetapi mereka yang kreatif bisa memanfaatkan itu menjadi sebuah keberhasilan, minimal memunculkan kemampuan bertahan. Diantara mereka banyak yang memulai usaha. Banyak juga yang mampu membangun usaha dengan hasil tidak kalah dibanding ketika menjadi karyawan. Tentu ada saat mereka harus jatuh bangun untuk sampai pada kondisi itu.

Jadi dapat disimpulkan, untuk sukses mengahadapi situasi sulit diperlukan kreatifitas dan ketangguhan. Kreatifitas diperlukan untuk menciptakn peluang dan proses yang bagus. Sementara untuk merelisasikan peluang dan kreatifitas perlu kerja keras yang dukung mental pantang menyerah. Dalam situasi sulit semua orang siap bekerja keras, tetapi tidak semua orang memiliki sikap mental pantang menyerah. Kreatifitas tidak ada jaminan pasti berhasil, kemungkinan gagal selalu ada. Sikap mental pantang menyerah  membedakan seseorang dalam menghadapi kegagalan. Mereka yang bermental sukses akan memulai atau menciptakan kreatifitas baru ketika gagal. Sementara mereka yang bermental pecundang akan menyerah ketika apa yang direncanakan tidak berhasil. Salam Sukses-KL

DR. KUKUH LUKIYANTO, S.T., M.M., M.T