KETIDAK PASTIAN

Tahun baru 2022 sudah terlewati, pada masa pandemi covid19 mengganas semua berharap waktu berlalu lebih cepat sehingga kesulitan yang dihadapi segera berlalu. Tidak ada yang salah dalam hal ini dan memang manusiawi. Setiap orang dalam masa kesulitan selalu berharap semua segera berakhir. Waktu inilah yang diharapkan lebih cepat datang, artinya waktu yang sekarang lebih cepat berjalan supaya kesulitan itu juga lebih cepat berlalu.

Dalam dunia bisnis juga sama terkait percepatan waktu. Seorang pebisnis pasti berharap waktu cepat berlalu jika mengalami kesulitan. Mereka sangat percaya setiap kesulitan pasti ada jalan keluar, hanya saja kapan ditemukan jalan keluar itulah yang tidak pasti. Harapannya tentu waktu cepat berlalu sehingga secepat itu pula jalan keluar bisa ditemukan.

Kalau demikian, bagaimana kita harus memahami tentang menunggu waktu ditemukannya jalan keluar? Hal yang harus kita pahami adalah, tidak ada jaminan bahwa jalan keluar dari kesulitan kita bisa ditentukan kapan waktunya. Ketidak pastian adalah hal yang harus dihadapi para pebisnis terkait hal ini. Coba kita lihat saja kondisi dunia saat ini. Diawal 2021 ketika vaksin di temukan, semua orang berharap covid19 akan berakhir, tahun 2022 akan menjadi tahun kebangkitan dan orang bisa terbebas dari covid19. Tetapi faktanya saat ini apakah demikian? Yang terjadi adalah munculnya varian baru. Orang kecewa dan takut lagi melihat kondisi sekarang, tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Situasi ini merupakan gambaran dari situasi yang dihadapi oleh seorang pebisns. Setiap saat harus bergelut dengan ketidak pastian, oleh sebab itu seorang pebisnis harus berteman dengan ketidak pastian. Tentu juga harus terbiasa menghadapi ketidakpastian. Ketika sudah terbiasa dengan ketidak pastian maka tidak akan panik jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan. Ketenangan dan kemampuan membuat perencanaan yang tepat dalam situasi ketidak pastian adalah kunci sukses seorang pebisnis.

Salam Sukses-KL

 

DR. KUKUH LUKIYANTO, S.T., M.M., M.T