MEMAHAMI KONDISI EKSTERNAL DENGAN EFE MATRIX

Salah satu fase assessment pada proses formulasi strategi adalah dengan melakukan penilaian pada factor eksternal perusahaan. Faktor eksternal menjadi hal penting untuk diamati sehingga strategi bisnis yang disusun dapat adaptif dan memahami dengan betul bagaimana harus bersikap atas peluang dan hambatan yang ada. Fokus dari pengamatan eksternal adalah melakukan identifikasi dan evaluasi atas tren yang erat kaitannya dengan produk atau layanan yang sedang dibangun. Memahami dengan baik kondisi peluang dan hambatan dapat dimanfaatkan perusahaa untuk menentukan skala priortias mana yang sebaiknya dilakukan, menghindari ancaman atau mengejar peluang yang tersaji. Ujung dari keputusan ini adalah dimilikinya keunggulan bersaing perusahaan dibanding kompetitor.

Pengamatan atas kondisi eksternal perusahaan dapat difokuskan denga  mengamati 10 faktor berikut:

  1. Ekonomi
  2. Sosial
  3. Budaya
  4. Demografi
  5. Lingkungan
  6. Politik
  7. Pemerintahan
  8. Legalitas
  9. Teknologi
  10. Persaingan

Fokus pengamatan faktor eksternal perusahaan satu dan lainnya tentu berbeda, perusahaan dapat memberikan titik fokus atas kondisi eksternal tertentu. Sebagai contoh ketika ada peluang menjadi vendor atas suatu proyek pemerintah, maka faktor legalitas juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Faktor satu dan lainnya dapat saling terkait, baik sebagai suatu peluang maupun sebagai ancaman.

Ketika melakukan penilaian atas kondisi eksternal perusahaan, seharusnya memperhatikan hal berikut:

  1. Berpihak pada tujuan jangka panjang dan tujuan tahunan perusahaan yang tertuang pada visi dan misi. Hal ini penting sehingga pengamatan atas faktor eksternal akan efektif pada faktor-faktor yang paling sensifit dan berpengaruh pada perusahaan
  2. Dapat dinilai dan terukur
  3. Hal yang diamati memang menjadi concern untuk perusahaan sejenis (kompetitor)
  4. Pengamatan secara hierarki, apakah kondisi eksternal berdampak secara penuh pada perusahaan atau hanya pada divisi/ unit tertentu

Pandangan perusahaan yang menganggap faktor eksternal merupakan hal penting sebagai keunggulan bersaing untuk mencapai kemenangan dalam kompetisi disebut dengan Industrial Organization (IO). Sehingga menjadi menarik untuk dibedah lebih lanjut terkait proses penyusunan EFE Matrix guna melihat peluang dan hambatan yang ada untuk mencapai keunggulan bersaing dan memenangkan persaingan.

Langkah-langkah:

  1. Lakukan pendataan atas peluang dan hambatan yang sensitif dan berdampak pada perusahaan
  2. Memberikan bobot atas setiap poin faktor eksternal yang berujung dengan total 1,0
  3. Memberikan nilai pada setiap poin dengan skala 1-4, dimana 1 bermakna sangat tidak berpengaruh dan 4 bermakna sangat berpengaruh
  4. Mengalikan bobot dengan nilai
  5. Menjumlahkan seluruh proses pengalian bobot dengan nilai

Berikut adalah contoh tabel praktik penghitungan EFE Matrix dimana ditemukan hasil dari posisi EFE Matrix sebesar 3,85 yang berada pada posisi kuadran I (posisi unggul dengan rekomendasi strategi tumbuh dan berkembang):

Gambar 1. Tabel EFE Matrix

Untuk penjelasan detil dari praktik penyusunan EFE Matrix dapat dilihat pada link youtube berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=UcuoLcXSqgg&t=18s

Sumber:

Fred R. David. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach Concepts: Global Edition. Pearson. Harlow – essex england. ISBN: 9781292148496 .

Langsung Praktik!! External Factor Evaluation (EFE) Matrix – YouTube. (n.d.). Retrieved December 19, 2021, from https://www.youtube.com/watch?v=UcuoLcXSqgg&t=18s

Febby Candra Pratama, S.E., M.M.