Sokrates dalam filsafat dan bisnis

Sokrates ( 470 SM – 340 SM)

“Satu-satunya hal pasti yang saya tahu adalah saya tidak tahu apapun”

  • Sokrates adalah filsuf bidang etika, yaitu salah satu cabang utama dalam filsafat yang mempelajari, mempertanyakan, dan mengarahkan bagaimana harusnya hidup yang baik (right conduct and good life)
  • Ia menemukan metode Sokrates, yaitu metode diskusi yang saling membantu untuk membangun pengertian yang mantap terhadap sebuah persoalan. Metode ini secara luas diterapkan dibidang pendidikan yang memiliki kualitas tinggi hingga kini dan terbukti menghasilkan hal yang lebih baik dari sekedar metode menghafal atau guru memberi dan murid menerima.
  • Ia adalah filsuf barat pertama yang dihukum mati oleh pihak penguasa akibat mempertahankan keyakinannya.
  • Penerapan filsafat etika oleh Sokrates pada dunia bisnis dapat langsung disbut sebagai etika bisnis. Pertanyaan dasar filsafat etika Sokrates berupa Bagaimanakah hidup yang baik? Dapat diterapkan dalam dunia bisnis dengan Bagaimanakah bisnis yang baik?
  • Dalam menjawab pertanyaan filsafatnya, ia mengajukan metode yang terkenal dengan sbutan metode Sokrates. Penerapan metode ini dalam bidang etika bisnis adalah dengan terus menerus merefkeksikan dan mempertanyakan secara kritis lewat diskusi untuk membangun kesepahaman suatu nilai bisnis
  • Metode Sokrates dalam etika bisnis tidak ditunjukan untuk menghasilkan jawaban yang mutlak terhadap suatu nilai etika bisnis, tetapi lebih mementingkan proses diskusi yang bertujuan untuk membangun kesepahaman dalam pengertian bisnis.
Bigraf Triangga, SST, MM