Mendefinisikan Variabel pada Program Scratch
Operasi matematika yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bisa dilakukan dengan menggunakan program Scratch. Sebelum melakukan operasi matematika tersebut, perlu didefinisikan variabel-variabel yang akan digunakan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Membuka program Scratch
2. Membuat tiga variabel dengan cara mengklik icon “Variables”
Gambar 1. Icon Variables
Kemudian klik blok “Make a variable”
Gambar 2. Blok Make a Variable
Sehingga akan muncul perintah seperti berikut:
Gambar 3. Perintah Memasukkan Nama Variabel
Untuk membuat variabel 1, misal dinamakan dengan variabel “A”, maka pada isian “Variable name?” ketik huruf “A”, kemudian OK. Untuk membuat variabel 2 dan 3, caranya sama dengan membuat variabel 1. Setelah membuat semua variabel maka tampilannya seperti berikut.
Gambar 4. Tampilan di Icon Variables
3. Menyusun beberapa blok sesuai kebutuhan pada script area. Untuk kasus ini terdapat 4 blok yang dibutuhkan, blok “when (gambar bendera hijau) clicked” yang terdapat pada icon “Control”, dan tiga blok lainnya yaitu blok variabel A, B, dan C yang terdapat pada icon “Variables”. Setiap program yang dibuat dengan Scratch dijalankan dengan mengklik “gambar bendera hijau” di sebelah kanan atas. Artinya eksekusi program pada blok pemrograman tersebut akan dijalankan apabila “gambar bendera hijau” diklik.
Gambar 5. Susunan Beberapa Blok
Comments :