People Innovation Excellence
 

5 TIPS SUKSES LANJUT STUDI KE LUAR NEGERI

Melanjutkan pendidikan ke Luar Negeri untuk sebagian orang merupakan salah satu pencapaian yang terbaik. Saat ini tidak sedikit dari calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Luar Negeri bahkan mendapatkan beasiswa atau bisa juga mengikuti program kampus pertukaran pelajar ke Luar Negeri.

Melanjutkan studi ke Luar Negeri tidaklah mudah, kamu harus diseleksi terlebih dahulu dengan mengikuti beberapa tes serta peluang yang diterima sangatlah kecil. Terlepas dari itu, ada pepatah “Banyak jalan menuju Roma”. Maksudnya pasti ada jalan menuju apa yang kamu inginkan asalkan ada niat dan kerja keras.

Pastinya banyak sekali manfaat saat mengenyam pendidikan ke Luar Negeri. Kamu bisa mendapatkan segudang pengalaman yang tidak bisa kita dapatkan di Indonesia. Karena dengan kamu melanjutkan studi ke luar negeri artinya kamu juga akan hidup di lingkungan yang multikultural. Hal ini juga menjadi bekal penting untuk jenjang karir kamu nantinya.

Namun tidak bisa dihindarkan, kamu juga perlu mempersiapkan diri matang-matang untuk melanjutkan studi ke Luar Negeri. Berikut 5 tips yang perlu kamu perhatikan :

1.   Berani Keluar dari Zona NyamanMelanjutkan studi ke Luar Negeri pastinya kamu akan jauh dari orang-orang terdekat. Bahkan kamu harus bisa melakukan suatu hal dengan mandiri. Dengan berada di zona baru, kamu dapat bertahan hidup di tengah lingkungan yang heterogen sehingga kamu akan menjadi lebih toleran, berpikir kritis dan terbuka. Selain itu kamu dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan yang baru tanpa adanya batasan. Dengan berani keluar dari zona nyaman, pastinya kamu akan memiliki relasi dan bidang kerja yang dihadapi akan lebih luas

2.   Lakukan Riset Terkait Dokumen & PersyaratanMelakukan riset dokumen dan persyaratan untuk lanjut studi ke Luar Negeri sangatlah penting. Pasalnya untuk menyerahkan dokumen & persyaratan di setiap negara berbeda-beda. Jadi pastikan bahwa kamu memahami apa saja yang dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan di negara tujuan studimu.

3.    Mencari Informasi Kepada Orang yang Berpengalaman Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kamu dengan mudah mendapatkan informasi dengan orang-orang yang telah berpengalaman mengenyam pendidikan di Luar Negeri dengan melalui berbagai aplikasi chat atau video call. Selain itu kamu juga dapat melihat vlog atau blog mahasiswa yang menceritakan pengalaman kuliah di Luar Negeri khususnya di negara tujuanmu.

4.    Kuasai Bahasa Negara Tujuan Studimu Menguasai bahasa negara tujuan studimu merupakan salah satu yang sangat  penting untuk diperhatikan. Maka dari itu sebelum melanjutkan studi ke Luar Negeri terdapat tes TOEFL/IELTS dengan tujuan untuk memastikan bahwa kemampuan bahasa anda telah memenuhi syarat. Terlepas dari tes tersebut, pastinya kamu perlu memiliki bekal dalam berbahasa negara lain. Selain itu di negara asal ataupun negara tujuan juga menyediakan kursus singkat untuk belajar berbahasa. Jadi jangan khawatir

5.   Pelajari Lifestyle di Luar NegeriSelama studi di Luar Negeri, kamu akan bersosialisasi dengan orang-orang dari penjuru dunia. Maka dari mempelajari gaya hidup di negara tujuan studimu sangatlah penting agar kamu bisa hidup jauh lebih hemat. Selain itu kamu juga perlu memahami musim-musim dari negara tujuan studimu tersebut.

Jika kamu memiliki impian untuk belajar di Luar Negeri dan bingung bagaimana caranya, Kampus di Jawa Timur yaitu Binus University @Malang menawarkan program untuk mahasiswanya agar dapat lanjut studi ke luar negeri dengan program unggulannya yaitu Enrichment Program. Melalui program ini kamu akan diberi kesempatan selama 1 tahun untuk menggali ilmu lebih dalam di negeri seberang dan mendapatkan pengalaman yang lebih global. Salah satu kampus terbaik di Jawa Timur ini menjadi jujukan para calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya dan tidak sedikit pula yang melanjutkan studi ke Luar Negeri.

Mari persiapkan dirimu mulai dari sekarang bersama Binus University @Malang

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close