Instagram pada dasarnya adalah media visual tetapi penggunaan kata kata tidak kalah pentingnya.

Untuk mempelajari menulis caption yang baik di Instagram sebaiknya kita perlu memahami seberapa pentingnya caption tersebut. Caption di Instagram merupakan hal yang penting karena saling berkaitan dengan foto, gambar maupun ilustrasi yang menyertainya untuk mengkomunikasikan merek dan mendorong pengikut dalam mengambil tindakan.

Berikut beberapa tip yang berguna tentang bagaimana cara menulis caption Instagram yang baik. Langkah-langkah ini akan meningkatkan keterampilan dalam penulisan caption yang pada gilirannya meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan capaian dari merek.

Menentukan target audiens dengan brand voice yang konsisten

Instagram dikenal sebagai media sosial yang menyenangkan, ceria dan menarik. Dengan demikian caption di Instagram haruslah memadukan brand voice dengan gaya Instagram dengan cara apa adanya dan konsisten. Jika syarat tersebut tidak dilakukan akan  membingungkan pengikut dan berpotensi tidak akan berkunjung lagi.

Menjaga caption agar tetap singkat dan informasi penting

Tidak ada aturan baku sebaiknya seberapa panjang suatu caption di Instagram. Mengingat bahwa akan terjadi persaingan dengan 170 juta akun Instagram jika dihitung hanya untuk wilayah Amerika saja. Kecuali jika memiliki alasan khusus untuk menggunakan 2.200 karakter atau hal itu relevan dengan brand.

Jika merasa bingung dalam menulis caption, dengan adanya internet hal itu menjadi terasa mudah dalam mendapatkan ide dalam membuat tulisan pendek tetapi memiliki esensi yang kuat.

Seberapa pun panjang dari tulisan selalu memastikan bahwa informasi yang paling penting selalu didahulukan karena caption pada Instagram hanya akan memuat 125 karakter pertama atau kira kira hanya tiga baris setelah itu pengikut harus mengklik “more” untuk memuat sisanya.

Sertakan ajakan bertindak untuk mendorong keterlibatan

Kami tidak dapat mengajari Anda cara menulis teks Instagram yang bagus tanpa membahas ajakan bertindak (CTA). CTA Anda akan memberi tahu pembaca Anda apa yang harus mereka lakukan setelah mereka membaca postingan. CTA yang kuat dapat meningkatkan penjualan, mengarahkan lalu lintas web dan meningkatkan perubahan.

CTA yang kuat berfokus pada manfaat atau nilai, menggunakan kalimat aktif dan menciptakan urgensi. Berikut beberapa contoh kalimatnya:

  • Buy/order now, click on, shop
  • Sign up, register, subscribe to
  • Order today to get 20% off, Start a free trial, Only 5 left in stock!

Dalam media sosial Instagram, CTA juga dapat mengarahkan pembaca untuk terlibat langsung dengan postingan tersebut. Ketika keterlibatan adalah bagian penting dari algoritma Instagram yang terus berkembang, hal itu juga menawarkan peluang untuk berinteraksi dan mempelajari lebih lanjut tentang audiens dan apa yang mereka inginkan.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan CTA dalam mendorong keterlibatan dengan pengguna:

  • Mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda, tentang produk atau topik-topik yang sedang menjadi tren.
  • Memberitahukan pengikut untuk menandai teman-teman mereka yang pada gilirannya akan banyak orang yang melihat postingan dan meningkatkan “likes” ataupun “share”. Likes dan Share merupakan komponen yang penting karena berhubungan dengan keterlibatan algoritma di Instagram.
  • Mengarahkan pengikut ke dalam tautan di bio untuk mendorong mereka menavigasi ke dalam profil. Bio menjadi tempat di mana Instagram memungkinkan untuk dapat menyertakan tautan yang dapat diklik ke situs eksternal seperti situs web perusahaan, produk baru atau blog.

Menggunakan hashtag dan “@ mention” untuk memperluas jangkauan

Manfaatkan tagar dan @ mention dalam tulisan. Fungsi-fungsi ini memungkinkan dalam memasuki jaringan yang lebih luas dengan mengindeks pada postingan agar dapat ditemukan oleh audiens jika tidak menemukannya.

Instagram mengizinkan hingga 30 tagar pada sebuah postingan, tetapi sebenarnya berapa tagar yang harusnya digunakan? Sebagai aturan praktis disarankan dalam membatasi untuk menggunakan tagar yang relevan dan meningkatkan jangkauan pasar. Pakar media sosial memberikan saran satu hingga tiga tagar per postingan.

Jika dalam strategi media sosial membutuhkannya lakukan dan bisa menambahkan lebih banyak tagar, tetapi hindari memenuhi tulisan dengan terlalu banyak tagar ataupun @ mention yang justru akan merusak informasi berharga dan ditinggalkan pembaca. Sebagai gantinya dapat menjadi pertimbangan untuk mengelompokkan semua tagar di akhir postingan.

Sumber : https://blog.copy.ai/how-to-write-instagram-captions/