Banyak orang terganggu oleh stereotip lama yang percaya bahwa ilustrasi hanyalah tepat di bidang seni dan tidak ada hubungannya dengan bisnis. Pandangan kuno ini justru menghalangi perusahaan dan membuatnya kurang menguntungkan karena ilustrasi digital saat ini adalah tentang bisnis.

Oleh karenanya singkirkan kesalahpahaman ini. Ilustrasi adalah alat pemasaran, tidak peduli seberapa bagus dan cantik tampilannya. Tujuannya adalah untuk memajukan bisnis, memberikan informasi, dan menarik banyak orang.

Kita bisa melihat area di mana ilustrasi sangat efektif yang mana beberapa di antaranya akan berguna untuk bisnis.

Branding

Visual Marketing Efisien

Banyak bisnis yang menghabiskan banyak uang agar tampil menonjol di antara kompetitornya untuk membuat diperhatikan, dan menciptakan basis pelanggan. Menempa hubungan emosional dan kepercayaan antara suatu brand dan audiens adalah tugas pemasaran yang sulit.

Penggunaan ilustrasi dalam brand campaign adalah solusi yang sederhana dan hemat biaya.

Ilustrasi adalah media komunikasi yang luar biasa. Menjadi sederhana secara visual, ilustrasi memberikan pendekatan langsung, membuat hal-hal kompleks lebih mudah dipahami, membangun kepercayaan, dan mudah diingat. Hal ini adalah fitur psikologis dari persepsi visual manusia, yang dengan senang hati dieksploitasi oleh semua pemasar yang cerdas.

Suatu brand yang menggunakan ilustrasi memiliiki keunikan dan karakter. Gambar dapat menceritakan sejarah perusahaan dengan cara yang menyenangkan dan informatif, ditujukan untuk audiens dengan tingkat emosional yang mendalam.

Ilustrasi seperti halnya seorang manusia. Semakin dalam kita menyelami, menjadi semakin penting dalam kehidupan. Gambar buatan tangan menandakan kesediaan dalam memperlakukan pengguna penuh perhatian dan kasih sayang, untuk menyapa mereka sebagai sesama manusia.

Logo

Logo dalam bentuk ilustrasi menjadi pilihan dalam startup, kompetisi dalam suatu perusahaan atau bisnis apa pun yang ingin membuat diperhatikan dan dikenali. Dalam benak konsumen nama yang terdengar bagus hanya akan menjadi sekumpulan huruf yang mudah dilupakan.

Setidaknya logo berbentuk ilustrasi dapat menyelesaikan masalah, karena bisa menjadi pusat perhatian, daya jual segera terlihat, mudah diingat secara visual. Logo dari gabungan gambar dan teks adalah yang paling populer.

Bergantung pada jenis usaha dan tujuan dari suatu merek, logo dapat berupa gambar yang tampak rapi dan abstrak atau gambar yang detail dan rumit.

Maskot

Maskot adalah ilustrasi yang menjadi duta virtual bisnis suatu usaha. Yang mewujudkan nilai-nilai dari merek dan audiens, yang seolah “berbicara” dengan orang-orang, dan menciptakan emosi positif.

Brand Manajemen

Ilustrasi dapat membantu mempresentasikan budaya dalam sebuah perusahaan, mengekspresikan nilai nilai merek, dan memotivasi tim dengan cara bersahabat.

Karyawan pun menyukai penggunaan ilustrasi karena dapat menjembatani kesenjangan antara manajemen dan tenaga kerja dan membantu menyampaikan pesan yang diperlukan.

Ilustrasi dalam branding dibuat berdasarkan identitas visual mereka (gaya perusahaan, logo, palet warna, font, dll.) sesuai dengan kebutuhan dan tugas pemasaran saat ini. Agar efektif, ilustrasi harus diarahkan ke tujuan tertentu, menjadi fungsional daripada dekoratif.

Advertising Campaign

Banner

Banner dengan ilustrasi bisa lebih bertahan lama karena fitur persepsi visual manusia. Banner dengan ilustrasi kreatif lebih efektif daripada banner yang menggunakan foto. Alasannya karena foto yang terlihat sederhana pun akan banyak memiliki detail yang mengganggu. Bisa saja orang hanya memusatkan perhatian pada tetesan keringat di dahi seorang atlet atau mengagumi otot-ototnya bahkan tidak menyadari bahwa sebenarnya adalah iklan untuk sepatu lari.

Kondisi seperti ini tidak terjadi jika menggunakan ilustrasi. Saat ini Ilustrasi sebagian besar menyampaikan makna daripada citra. Gangguan yang potensial dapat dihilangkan. Pesan yang ingin disampaikan pun langsung ke dalam benak.

Produk Cetak

Kartu nama, buklet, selebaran, katalog, poster, dan kalender yang menggunakan ilustrasi dapat mempresentasikan merek dengan cara yang efektif dan orisinal, memberikan kesan yang akan memiliki efek yang tak terlupakan. Ilustrasi yang baik dapat membuat materi promo begitu menarik sehingga orang akan sayang jika akan membuangnya  atau setidaknya, tidak segera membuangnya. Jadi mereka akan menyimpan promo selama beberapa waktu, yang semuanya akan menguntungkan produk.

Suvenir

Ilustrasi juga dapat digunakan dalam pembuatan souvenir untuk branding, seperti kaos, topi, mug, pulpen, buku catatan, dll.

Platform online

Mengenalkan Perusahaan

Kompetisi secara online saat ini semakin sulit diikuti. Ilustrasi yang unik menjadi cara yang baik dalam membuat kehadiran online perusahaan yang berkesan, baik itu berupa situs web, landing page ataupun profil di media sosial

Ilustrasi dapat menghidupkan desain, memicu minat pada konten, menjalin hubungan emosional dengan pengguna. Ilustrasi yang dibuat secara khusus dapat meningkatkan tingkat konversi situs web setidaknya 7 kali. Ilustrasi diarahkan untuk audiens tertentu yang berorientasi pada pelanggan yang terlibat secara emosional yang membuat halaman antarmuka lebih ramah.

Ilustrasi karakter, metafora visual, gaya perusahaan, dan tren terbaru dalam ilustrasi digital semuanya akan membantu desain situs web untuk membuat kesan pertama yang jelas dan bertahan lama pada pengguna.

Menyajikan Produk atau Layanan

Ketika suatu presentasi disampaikan akan membuat perhatian ke objek atau informasi yang disampaikan. Tetapi ilustrasi memberikan informasi secara instan dan memenangkan hati audiens.

Jika sebuah produk atau layanan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, ilustrasi menjadi solusinya. Hal ini dapat menyelamatkan situs web agar tidak terlalu banyak dengan konten dan membuat informasi lebih mudah dipahami.

Ilustrasi menjadi komponen penjualan produk dan layanan yang penting.

Media Sosial dan Mailing List

Pernahkan kalian dibombardir dengan begitu banyak iklan sehingga sebagian besar penawaran diabaikan begitu saja. Pesan yang menggunakan ilustrasi bagaimanapun selalu menonjol dari sebagian besar iklan, menarik perhatian dan membuat kita tertarik.

Ilustrasi yang kreatif adalah cara mudah dalam menarik perhatian ke sebuah postingan dan meningkatkan pengenalan merek.

Jika secara reguler mengirimkan email atau iklan ke klien, ilustrasi akan menjadi bagian dari gaya khas dan membuat email lebih ramah dan lebih menarik bagi pengguna.

Ilustrasi juga merupakan sarana yang berguna dalam menarik perhatian pada tulisan. Bahkan gambar yang kecil seringkali lebih efektif daripada foto. Ilustrasi menjadi sebuah jangkar visual yang istimewa. Hal ini mendorong untuk membaca teks atau setidaknya paragraf pertama. Sebagai contoh, bagian mana yang langsung membuat mata Anda tertarik sebelah kiri atau kanan?

Desain Kemasan

Ilustrasi dapat membantu menjual barang fisik serta produk digital. Ilustrasi adalah solusi serbaguna untuk mengemas semua jenis produk. Hal itu akan terlihat sama bagusnya di sekotak kue kering atau di kotak gadget berteknologi tinggi. Ilustrasi disukai secara universal oleh penonton pria dan wanita, tanpa memandang usia.

Sebagai kesimpulan ada banyak bidang bisnis di mana ilustrasi menghasilkan keajaiban dalam mempromosikan dan menciptakan merek, Ilustrasi dapat disimpulkan sebagai :

  • Cara bertahan di tengah kompetisi
  • Menarik dan mudah dikenali
  • Mudah dipahami
  • Menarik secara emosional
  • Dapat dipercaya
  • Mudah diingat

Tentunya ilustrasi yang disajikan adalah ilustrasi yang profesional bukan ilustrasi asal-asalan. Ada baiknya sebelum menggunakan ilustrasi perlu melakukan riset dalam menentukan apakah hal itu mudah dimengerti untuk bisnis Anda dan pada area mana menjadi paling diuntungkan.

Sumber : https://dribbble.com/stories/2021/08/11/illustration-as-a-business-tool

Photo by : Cristofer Maximilian