White Hat vs Black Hat Gamification

Elemen lain yang perlu diperhatikan dalam Octalysis adalah bahwa Penggerak Inti atas dalam segi delapan dianggap sebagai motivator yang sangat positif, sedangkan Penggerak Inti bawah dianggap sebagai motivator negatif.

Teknik yang menggunakan Core Drive atas disebut “White Hat Gamification”, sedangkan teknik yang menggunakan Core Drive bawah disebut “Black Hat Gamification”.

Jika ada sesuatu yang menarik karena memungkinkan Anda mengekspresikan kreativitas, membuat Anda merasa sukses melalui penguasaan keterampilan, dan memberi Anda rasa makna yang lebih tinggi, itu membuat pengguna merasa sangat baik dan kuat.

Di sisi lain, jika Anda selalu melakukan sesuatu karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, Anda terus-menerus takut kehilangan sesuatu, atau karena ada hal-hal yang tidak dapat Anda miliki, meskipun Anda masih akan sangat termotivasi. untuk mengambil tindakan, sering kali dapat meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda.

Ingatlah bahwa hanya karena sesuatu itu Black Hat tidak berarti itu buruk dan mereka dapat digunakan untuk hasil yang produktif dan sehat atau kejahatan dan manipulatif. Banyak orang secara sukarela memasukkan diri mereka ke dalam Black Hat Gamification agar lebih sering pergi ke gym, makan sehat, atau menghindari menekan tombol snooze setiap pagi.

 

https://yukaichou.com/gamification-examples/octalysis-complete-gamification-framework/