Alasan dinamakan Gamification karena industri game adalah yang pertama menguasai Human-Focused Design.

Game tidak memiliki tujuan lain selain untuk menyenangkan individu yang memainkannya. Ya, sering ada “tujuan” dalam permainan, seperti membunuh naga atau menyelamatkan sang putri, dan terkadang menyelamatkan seekor naga, tetapi itu semua adalah alasan untuk membuat pemain tetap terhibur.

Karena game telah menghabiskan beberapa dekade (atau bahkan berabad-abad tergantung pada bagaimana Anda memenuhi syarat sebuah game) untuk mempelajari cara menguasai motivasi dan keterlibatan, kami sekarang belajar dari game, dan itulah sebabnya kami menyebutnya Gamification.

Jadi dalam dekade terakhir, Yu-kai telah menggali lebih dalam untuk membentuk kerangka kerja Gamification lengkap untuk menganalisis dan membangun strategi di sekitar berbagai sistem yang membuat game menjadi menyenangkan.
Yu-kai melihat bahwa hampir setiap game itu menyenangkan karena menarik Core Drive tertentu dalam diri kita yang memotivasi kita untuk melakukan aktivitas tertentu. Yu-kai juga memperhatikan bahwa berbagai jenis teknik permainan mendorong kita maju secara berbeda: beberapa dengan cara yang menginspirasi dan memberdayakan, sementara beberapa dengan cara yang manipulatif dan obsesif. Yu-kai menelusuri untuk menemukan apa yang membedakan satu jenis motivasi dengan yang lain.
Hasil akhirnya adalah Gamification Framework yang disebut Octalysis, dirancang sebagai bentuk segi delapan dengan 8 Core Drive yang mewakili setiap sisinya.

 

https://yukaichou.com/gamification-examples/octalysis-complete-gamification-framework/