Membuat rencana pembelajaran sangat penting ketika Anda benar-benar ingin mencapai suatu tujuan. Gagal dalam perencanaan adalah rencana untuk gagal. Jika Anda tertarik untuk mempelajari sesuatu yang baru, meningkatkan keterampilan Anda, atau hanya meningkatkan kehidupan Anda, Anda harus mengembangkan suatu rencana pembelajaran. Kita semua membayangkan kemungkinan skenario seperti apa hidup kita jika kita mencapai impian dan tujuan kita. Sementara banyak orang berhasil mencapai tujuan mereka, namun banyak juga yang gagal karena mereka tidak membuat rencana dalam bertindak. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan membutuhkan tekad, ketekunan, keinginan, dan rencana.Belajar melibatkan perolehan pengetahuan baru, keterampilan baru, dan kemampuan baru. Tidak ada satu cara untuk membuat rencana pembelajaran karena harus sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Beberapa rencana sangat terorganisir sementara yang lain berubah sesuai dengan jadwal dan komitmen Anda.

Rencananya dimulai dengan menjawab, apa impian dan tujuan yang ingin Anda capai?

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan rencana pembelajaran pribadi anda.

  1. Tentukan Tujuan Akhir
    Saat anda memulai menyusun perencanaan, anda harus terlebih dahulu memutuskan apa yang ingin Anda pelajari.  Jika Anda sedang mencari profesi baru, pertimbangkan karir mana yang akan menjadi tujuan akhir Anda. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan dan ingin belajar bahasa baru, bayangkan diri Anda bepergian ke negara lain dengan menggunakan keterampilan Anda. Bayangkan tujuan akhir terlebih dahulu, lalu mulailah membuat langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda. Ingatlah bahwa visi ini didasarkan pada apa yang Anda inginkan. Saat Anda memikirkan semua kemungkinan, pertimbangkan untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mempelajari keterampilan baru daripada hanya mengandalkan keterampilan yang sudah Anda miliki.
    Pertimbangkan mengapa Anda ingin mempelajari keterampilan tertentu. Setelah Anda dapat menjawab mengapa Anda ingin mempelajarinya, Anda harus termotivasi untuk mencapai tujuan Anda. Motivasi belaka akan membantu Anda memulai dan membantu Anda melewati masa-masa sulit ketika memperoleh keterampilan baru. Tetapi, bagaimana mempertahankan motivasi Anda membutuhkan penelitian, tujuan yang dapat dicapai, komitmen, dan bantuan.
  2. Lakukan Penelitian
    Sekarang setelah Anda memiliki visi tentang apa yang ingin Anda pelajari , Anda perlu melakukan penelitian, apakah Anda perlu mencapai gelar? atau apakah ada sertifikasi yang  diperlukan? Tentu saja, internet akan menyediakan banyak artikel dan blog yang didedikasikan untuk keterampilan baru atau profesi yang Anda inginkan. Tetapi, bersama dengan membaca, cobalah untuk menemukan seseorang yang akan melakukan persis seperti yang Anda ingin lakukan. Mentor menawarkan pengetahuan dan keahlian yang tak ternilai. Mereka dapat memberi Anda saran tentang kemungkinan jebakan yang harus dihindari dan peluang untuk dikejar.  Banyak orang menyukai gagasan menjadi seorang mentor. Bagaimanapun, itu adalah pujian tertinggi untuk seseorang yang mewujudkan impian Anda.
  3. Langkah Kecil Dan Tujuan Kecil
    Sekarang setelah Anda memiliki lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana mencapai tujuan pembelajaran, Anda dapat mulai membuat langkah-langkah kecil yang perlu diambil untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Langkah-langkah ini harus terukur. Misalnya, jika Anda ingin mencoba mempelajari keterampilan baru, tuntut diri Anda untuk mengerjakannya selama dua puluh menit setiap hari atau katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda akan menghadiri setiap kelas dan berpartisipasi penuh. Langkah pertama mungkin sekecil menemukan pelatiihan dan kemudian mendaftar untuk itu. Jika Anda seorang yang suka menunda-nunda, tentukan tanggalnya. Cara termudah untuk benar-benar mencapai tujuan yang Anda tetapkan adalah dengan membuatnya tetap sederhana dan menuliskannya.
  4. Fokus Dan Komitmen
    Dengan rencana yang ada, Anda harus menciptakan gaya hidup yang memungkinkan Anda untuk fokus pada rencana Anda. Jika bagian dari rencana Anda mengharuskan Anda menyisihkan waktu setiap hari untuk mempelajari sesuatu yang baru, maka Anda harus membuat jadwal untuk mendorong perilaku baru ini. Jika Anda perlu bangun 15 menit lebih awal untuk belajar, jadikan ini bagian dari jadwal Anda. Anda harus mengubah perilaku Anda agar sesuai dengan rencana pembelajaran Anda. Mengubah perilaku membutuhkan komitmen dan motivasi untuk berhasil. Anda mengenal diri sendiri, jadi jika Anda perlu menuliskan pengingat dan menempatkannya di seluruh tempat tinggal Anda, lakukanlah. Jika Anda perlu menghargai diri sendiri saat Anda mencapai tonggak tertentu, maka lakukanlah. Apa pun yang diperlukan untuk mendorong Anda tetap berkomitmen dan fokus akan membantu Anda tetap berada di jalur.
  5. Tetap Usahakan Lebih Di Atas
    Seiring dengan pengingat dan hadiah, mintalah keluarga dan teman untuk membantu Anda mengenai rencana pembelajaran Anda. Meminta pertanggungjawaban diri sendiri bisa jadi sulit, tetapi jika Anda meminta teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda tetap pada rencana Anda, Anda akan merasa berkewajiban untuk menyelesaikan tugas dan merasa bersalah jika tidak melakukannya. Faktanya, semakin banyak orang yang Anda beri tahu, semakin besar kemungkinan Anda akan ditanyai tentang kemajuan Anda. Pertanyaan sederhana ini mungkin hanya apa yang Anda butuhkan untuk tetap di atas rencana Anda. Berpegang teguh pada rencana pembelajaran dan mencapai tujuan Anda hanya akan menguntungkan Anda; namun, melewati masa sulit, ketika Anda tidak merasa ingin berkomitmen atau bekerja, adalah bagian tersulit.
  6. Gunakan Apa yang Anda Pelajari
    Pembelajaran yang benar melibatkan perubahan perilaku. Dengan setiap keterampilan baru yang Anda pelajari, gunakan itu. Jika Anda sedang belajar bahasa baru, temukan kesempatan untuk melatih keterampilan baru Anda. Semakin banyak Anda berlatih dan menggunakan keterampilan baru, semakin besar kemungkinan Anda memilikinya. Temukan cara untuk berbagi pengetahuan Anda dengan menggunakannya di tempat kerja, membuat portofolio digital, menulis blog, atau mengajar orang lain.

Membuat rencana pembelajaran sangat penting ketika Anda benar-benar ingin mencapai tujuan. Ingat, rencana dan impian adalah milik Anda untuk diwujudkan. Siapkan diri Anda untuk sukses dan buat rencana pembelajaran pribadi yang sesuai untuk Anda dan memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

 

Source:
https://elearningindustry.com/tips-developing-personal-learning-plan