Evaluasi pembelajaran adalah kriteria yang akan Anda analisis untuk menentukan keberhasilan pengalaman belajar Anda. Beberapa ahli teori telah mengembangkan model evaluasi pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kriteria dengan tingkat mikro serta tingkat makro. Perusahaan yang berinvestasi dalam e-learning seringkali tidak memiliki alat untuk mengevaluasi pengalaman belajar karyawan mereka secara efektif. Perusahaan tersebut cenderung fokus pada matriks yang dangkal seperti penyelesaian pelatihan atau jumlah pertanyaan yang dijawab dengan benar dalam aktivitas pelatihan. Sementara ketika karyawan dapat menyelesaikan pelatihan, tidak ada yang tahu apakah ada perubahan perilaku, yang seharusnya menjadi tujuan pengalaman belajaa, tidak disertai gambaran lengkap tentang dampak pengalaman belajar, serta tidak ada yang tahu laba atas investasinya.

Pengalaman belajar yang sukses harus meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan dalam timnya, berkontribusi pada budaya pembelajaran organisasi, dan dapat meningkatkan pendapatan. Mengukur tingkat penyelesaian dan nilai akhir, terutama hasil evaluasi mandiri, hanya akan menghasilkan tingkat adopsi yang dianggap buruk dan kemungkinan besar berkurangnya dukungan dari pemegang anggaran.

Jadi, bagaimana mengukur efektivitas pengalaman belajar?
Dalam artikel ini kita dapat mengetahui prinsip-prinsip monitoring dan evaluasi dari beberapa model evaluasi pembelajaran yang terkenal.

Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan evaluasi merupakan pendekatan yang banyak digunakan untuk mengukur efektivitas program di bidang pembangunan dengan tujuan untuk memberikan dampak yang maksimal. Prinsip-prinsip pendekatan ini juga dapat diterjemahkan untuk mengukur pengalaman belajar online. Berikut adalah sejumlah cara Anda dapat menerapkan prinsip-prinsip dalam pembelajaran:

  • Tetapkan tujuan dan sasaran yang jelas seperti apa kesuksesan itu dan kriteria mana yang mengukur kemajuan program dari awal hingga akhir.
  • Kumpulkan dan analisis data di awal program untuk dijadikan sebagai dasar lalu kumpulkan data yang relevan dengan tujuan program secara teratur yang menunjukkan tingkat efektivitasnya. Setelah menganalisis data, buat perubahan dan ulangi selama implementasi program untuk meningkatkan dampak program.
  • Di akhir program, bandingkan temuan Anda dengan data yang dikumpulkan di awal program untuk menentukan apakah ada perubahan perilaku atau kompetensi dan apa yang dapat ditingkatkan ke depan. Dengan pola pikir pemantauan dan evaluasi, Anda akan dapat lebih efektif menerapkan dan merancang kriteria untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran.

Apa Itu Evaluasi Pembelajaran?

Evaluasi pembelajaran adalah kriteria yang akan Anda analisis untuk menentukan keberhasilan pengalaman belajar Anda. Ada beberapa ahli teori yang telah mengembangkan model evaluasi pembelajaran yang berbeda, yang menyarankan kriteria utama evaluasi tersebut adalah yang berkaitan dengan tingkat mikro (pengalaman belajar itu sendiri) serta tingkat makro (dampaknya pada bisnis Anda dan bahkan masyarakat). Misalnya, model evaluasi Kirkpatrick yang didirikan oleh pakar pelatihan Donald Kirkpatrick,menunjukkan bahwa pengalaman belajar harus dievaluasi di empat tingkat berikut: reaksi, pembelajaran, perilaku,  dan hasil.

Lalu, Apa yang Harus Dievaluasi?

Mengetahui kriteria umum dalam evaluasi adalah awal yang baik, tetapi Anda juga perlu mengidentifikasi matrik spesifik yang menunjukkan apakah pembelajaran berhasil atau tidak. Mulailah dengan melacak pencapaian tujuan pembelajaran. Pada awal proses desain pembelajaran, Anda harus memutuskan tujuan dan kompetensi untuk peserta didik kembangkan melalui pengalaman belajar ini. Cara ini tidak hanya membantu untuk memperjelas pembelajaran dan memotivasi peserta didik menuju tujuan tertentu tetapi juga berguna untuk mengukur apakah pengalaman belajar mencapai tujuan atau tidak.

Matriks  lain untuk kriteria evaluasi, yaitu:

  • Lakukan penilaian
    Nilai kemampuan dan kompetensi karyawan Anda sebelum dan sesudah pelatihan melalui survei dasar sederhana dan pemeriksaan pengetahuan untuk menentukan apakah ada perkembangan.
  • Lacak keterlibatan
    Melacak penyelesaian pelatihan, nilai yang dicapai pada penilaian individ dalma pelatihan secara keseluruhan, serta keterlibatan peserta didik di kursus melalui jumlah klik, waktu yang dihabiskan, kontribusi ke forum diskusi, dan menyukai atau berbagi konten akan membantu menentukan keberhasilan pelatihan anda.
  • Ukur hasil
    Mengamati peningkatan atau penurunan nilai dan menentukan apa yang mendorong perubahan ini akan membantu dalam memahami apakah konten dan pengalaman peserta didik Anda dari konten telah berdampak dan apakah ada kesenjangan pengetahuan berdasarkan pemahaman mereka.
  • Menganalisis data
    Menganalisis data dari papan peringkat, level pekatihan, lencana, dan penghargaan yang dicapai dalam pengalaman belajar yang digamifikasi juga berkontribusi pada pengukuran dampak dari pelatihan.
  • Menggunakan data digital,
    Melalui xAPI, juga merupakan indikator yang baik untuk mencatat bagaimana peserta berinteraksi dengan pelatihan Anda dan platform online yang digunakan di perusahaan Anda. xAPI adalah  program aplikasi pengalaman antar muka, memungkinkan Anda melacak dan melihat bagaimana peserta menggunakan pelatihan Anda, apa yang mereka klik, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk aktivitas atau konten mana, apa yang ditinjau kembali, dan sebagainya. Data ini sangat berharga ketika menganalisis keberhasilan masing-masing komponen kursus Anda. Dalam kasus pembelajaran di tempat kerja informal di mana sebagian besar karyawan mandiri dalam pembelajaran mereka, xAPI juga dapat melacak keterlibatan dengan berbagai tab browser dan aplikasi, memberi Anda pemahaman tentang komitmen karyawan untuk pembelajaran berkelanjutan.

Pada akhirnya, memiliki pemahaman tentang berbagai model evaluasi pembelajaran dan mengidentifikasi metrik yang berguna adalah langkah pertama menuju evaluasi yang efektif dari pengalaman belajar online Anda. Menggabungkan ini dengan pemahaman analitik pembelajaran Anda akan menghasilkan laba atas investasi pembelajaran yang lebih ditingkatkan dan akurat dan pengalaman belajar yang lebih baik bagi pelajar Anda.