Apa saja jenis-jenis animasi 3D?

Animasi 3D melibatkan objek bergerak yang muncul dalam ruang tiga dimensi. Tidak seperti gambar 2D, seniman dapat memindahkan dan memutar gambar 3D seperti objek nyata. Tapi tahukah Anda bahwa 3D juga hadir dalam berbagai bentuk dan teknik? Berikut ini adalah pembahasan mengenai jenis dan teknik animasi 3D.

Jenis Animasi 3D

Saat ini, animasi 3D telah berkembang pesat. Seiring berkembangnya teknologi, banyak jenis dan gaya bermunculan bersamanya. Terlepas dari berbagai teknik, fokusnya tetap sama, yaitu menciptakan dunia yang realistis bagi penonton. Jenis-jenis animasi 3D diantaranya adalah:

1. Video dan Film 3D

Di antara jenis animasi 3D, video dan film 3D adalah yang paling umum ditemukan. Video dan film 3D adalah fitur visual 3D dari gambar bergerak dalam dunia digital. Jenis ini menggunakan grafik gerak untuk memindahkan subjek di sekitar ruang 3D. Tidak seperti jenis lainnya, video dan film 3D murni visual, yang berarti tidak terdapat interaksi saat dimainkan oleh pengguna. Oleh karena itu, video dan film 3D juga disebut Animasi 3D Pasif.

2. 3D Interaktif

3D interaktif adalah produksi animasi 3D yang menampilkan ranah digital murni dan dibuat menggunakan perangkat lunak komputer 3D. Sementara animasi video dan film 3D bergantung pada pengalaman visual, 3D interaktif melibatkan interaksi dengan pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berada dalam sudut pandang orang pertama atau ketiga dan bergerak dalam dunia 3D melalui layar komputer, dengan mouse dan keyboard sebagai kontrol eksternal.

3. Realitas Virtual 3D

Di antara jenis animasi 3D, virtual reality (VR) adalah salah satu yang telah membuka dunia baru yang lengkap bagi pengguna. Seperti 3D interaktif, fitur ini menampilkan dunia digital yang dibuat dalam perangkat lunak komputer 3D. Namun, VR digunakan dan dialami dengan cara yang lebih mendalam. Jenis ini membutuhkan perangkat, seperti Google Glass dan Oculus, untuk memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan ruang fisik. Di antara jenis animasi 3D, virtual reality 3D adalah yang paling imersif dan kompleks untuk dibuat.

Teknik Animasi 3D

Seiring berkembangnya teknologi, animasi 3D telah melahirkan berbagai teknik yang bertujuan untuk mendorong batas lebih jauh. Berikut adalah jenis utama teknik animasi 3D dari daftar blog Academy of Animated Art.

1. Kinematika Terbalik

Teknik ini meniru gerakan sendi kerangka untuk memberi subjek ilusi gerakan tubuh alami. Oleh karena itu, kinematika terbalik sering digunakan dalam mengatur lengan dan kaki subjek. Dengan ini, animator dapat dengan mudah membuat karakter mereka bergerak secara otomatis, selama mereka mempersiapkan rantai tulang dengan benar. Teknik kinematika terbalik memungkinkan animator untuk menyederhanakan proses animasi mereka dan membuat animasi tingkat lanjut dengan sedikit usaha.

2. Simulasi Cairan

Metode simulasi cairan digunakan untuk membuat animasi fluida realistis untuk air, lava, gelembung, dan lainnya. Simulasi fluida atau animasi fluida sering digunakan untuk membuat efek khusus untuk film, game, dan iklan. Tingkat kerumitan metode ini dapat bervariasi tergantung pada output yang dirasakan.

3. Animasi Kerangka 3D

Teknik animasi kerangka 3D menganimasikan objek atau karakter dengan meletakkan permukaan patung digital yang disebut skin atau mesh serta fondasi di bawahnya yang disebut rig atau skeleton. Metode ini sering digunakan untuk menghasilkan animasi mirip manusia dan objek kompleks.

 

 

Source :

https://www.ciit.edu.ph/types-of-3d-animation/