Dengan realitas baru Pasca Covid-19, muncul kekhawatiran tentang bagaimana menjaga karyawan dan konsumen agar tetap aman saat kembali menerapkan Work From Office atau bekerja dari kantor. Lalu, bagaimana kita dapat membentuk tempat kerja yang sehat, higienis, dinamis, sekaligus membuat pengguna tetap terinspirasi dan nyaman? Berikut ini adalah beberapa tips desain kantor Pasca Covid-19 yang dirangkum dari Herman Miller dan Vicus Partners :

1. Perhatikan Layout dan Penempatan Furniture

Layout dan penempatan furniture di tempat kerja setelah pandemi perlu mendukung ketangkasan, serta meningkatkan fleksibilitas, kenyamanan, dan konekvisitas di tempat kerja. Posisikan meja dalam arah yang berlawanan dan berikan partisi di antara stasiun kerja. Meskipun belum pasti apakah partisi dapat mencegah penyebaran virus seperti Covid-19, tetapi setidaknya posisi ini dapat menciptakan persepsi rasa aman.

2. Ciptakan Area Kerja yang Aman

WHO merekomendasikan untuk memberi jarak 2 meter per orang di tempat kerja, sehingga jarak ini juga diterapkan antara titik tengah setiap kursi kantor. Jika keterbatasan ruang menghalagi hal ini, berikan pembatas antar meja, dan bersihkan peralatan kantor di akhir setiap hari kerja. Ubah ruang rapat menjadi tempat kerja khusus dan integrasikan waktu pembersihan di antara setiap rapat tatap muka.

3. Ciptakan Area Private

Area Private dapat menciptakan rasa aman di tempat kerja. Buatlah sistem partisi seluler yang dapat dikonfigurasi sebagai penghalang fisik antara stasiun kerja dan lainnya serta medukung privasi akustik dan visual.

4. Sediakan Ruang Rapat yang Lebih Kecil

Untuk mengurangi kepadatan kantor, banyak perusahaan yang akan menerapkan tempat kerja fleksibel. Beberapa karyawan yang akan bekerja dari kantor perlu memiliki ruang rapat yang lebih kecil (sambil tetap menjaga jarak) untuk berkomunikasi dengan mereka yang bekerja di rumah. Ini berarti sudah waktunya untuk meningkatkan game AV kantor sebagai investasi yang sangat berguna.

Berdasarkan tips-tips di atas, berikut ini adalah contoh transformasi desain kantor dari Herman Miller :

A) Contoh Transformasi Kantor Konvensional

B) Contoh Transformasi Kantor Open Plan

 

 

 

Source :

https://www.hermanmiller.com/the-office-transformed/

https://vicuspartners.com/6-office-design-trends-post-covid-19/