Mengapa dan Kapan Anda Membutuhkan Evaluasi Kursus eLearning

Sebagai profesional eLearning, Anda perlu mengetahui apakah kursus eLearning Anda efektif; yaitu, jika mencapai tujuannya dan memenuhi tujuannya. Untuk menentukan apakah kiriman eLearning Anda berfungsi, evaluasi itu penting. Evaluasi kursus eLearning Anda memungkinkan Anda untuk menilai kualitas dan efektivitasnya dan, yang paling penting, memahami apa yang berhasil atau tidak untuk mempertahankan atau mengubahnya. Untuk memahami gagasan tentang cara kerja evaluasi kursus eLearning, ingatlah rumus berikut:

Rumus evaluasi: Pengumpulan Data + Editing = Peningkatan Kursus eLearning

Mengingat bahwa peningkatan berkelanjutan dari hasil eLearning Anda harus menjadi salah satu prioritas Anda, Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk mengevaluasi kursus eLearning Anda. Anda membutuhkan umpan balik, tentu saja; tapi ketika? Sebelum Anda meluncurkan kursus eLearning atau setelah selesai? Jawabannya sederhana: sepanjang. Apakah Anda masih dalam proses pengembangan atau pelajar Anda baru saja menyelesaikan kursus eLearning Anda, Anda memerlukan umpan balik untuk bergerak maju atau untuk mengetahui apa yang perlu diubah, sehingga Anda dapat memperoleh hasil yang lebih baik di lain waktu. Evaluasi harus menjadi proses yang berkelanjutan; Anda perlu terus-menerus mengevaluasi kursus eLearning Anda untuk terus meningkatkannya dan membuat perubahan dan pembaruan rutin. Dengan cara ini, pelajar Anda akan menghargai upaya Anda dengan mengalami kursus eLearning yang Anda tawarkan kepada mereka sepenuhnya. Tapi bagaimana Anda bisa melakukan evaluasi kursus eLearning Anda?

Untuk mengevaluasi kursus eLearning Anda secara efektif di semua tahap, Anda perlu memeriksa 7 elemen:

  1. Tujuan eLearning.
    Pertama-tama, Anda perlu mengidentifikasi tujuan eLearning Anda. Apa yang diklaim kursus eLearning Anda untuk pelajar Anda? Anda harus jelas dan spesifik tentang tujuan eLearning Anda. Setelah mengidentifikasi tujuan Anda, Anda perlu menentukan apakah konten eLearning Anda dan materi pembelajaran yang Anda pilih memenuhi tujuan ini; jika Anda puas dengan jawabannya (“Ya!” Vs “Oh…”), Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Tingkat interaktivitas.
    Interaktivitas sangat penting untuk kursus eLearning, karena ini meningkatkan keterlibatan pelajar Anda dan retensi pengetahuan, yang keduanya mengarah pada pengalaman eLearning yang lebih efektif. Sudahkah Anda berhasil mengintegrasikan elemen interaktif yang cukup dalam kursus eLearning Anda? Tentu saja, semakin banyak elemen interaktif yang Anda sertakan, semakin banyak waktu dan mungkin uang yang Anda investasikan, tetapi, sekali lagi, semakin banyak preferensi eLearning yang Anda tawarkan kepada pelajar Anda.
  3. Dampak visual.
    Ini mungkin terdengar dangkal, tapi tidak; dampak visual yang buruk membuat peserta didik Anda tidak terlibat. Periksa tampilan dan nuansa kursus eLearning Anda dan tentukan apakah gambar dan grafik yang Anda pilih menarik secara estetika dan, tentu saja, cocok; Anda tidak ingin elemen yang tidak perlu yang akan mengalihkan perhatian audiens dari konten Anda.
  4. Bahasa.
    Bahasa adalah elemen kunci dari kursus eLearning Anda. Anda akan ingin menentukan apakah pelajar Anda dapat sepenuhnya memahami apa yang mereka baca atau dengarkan. Apakah konten Anda ditulis dengan baik? Jika Anda berencana untuk menarik khalayak yang lebih luas, apakah jargon yang Anda gunakan jelas untuk semua pelajar Anda? Apakah contoh yang Anda berikan dalam cerita atau skenario Anda relevan dengan pelajar Anda atau mereka mengecualikan beberapa di antaranya? Jika Anda telah melokalkan konten kursus eLearning Anda, apakah terjemahannya efektif? Terakhir, jika Anda menggunakan humor untuk menyampaikan maksud, apakah itu pantas atau ada beberapa kelompok di antara audiens Anda yang mungkin menganggapnya menyinggung? Anda akan ingin memeriksa semua hal ini untuk memastikan bahwa bahasa yang Anda gunakan dalam kursus eLearning Anda dapat dipahami, sopan, dan to the point.
  5. Fungsi teknis.
    Aspek teknologi dari kursus eLearning Anda juga penting untuk dievaluasi secara keseluruhan. Anda perlu mengetahui apakah pelajar Anda menggunakan kursus eLearning Anda dengan nyaman dan, mudah-mudahan, secara intuitif. Apakah antarmuka dan navigasi efektif? Bagaimana dengan tampilan dan suara konten Anda? Apakah semua tombol berfungsi dan teks serta gambar terlihat sebagaimana mestinya? Dapatkah peserta didik Anda dengan mudah mengakses internet saat mengikuti kursus eLearning Anda jika mereka membutuhkannya? Apakah tautan Anda berfungsi? Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab saat memeriksa aspek teknologi kursus eLearning Anda dan Anda harus cukup teliti saat melakukannya.
  6. Waktu.
    Faktor lain yang perlu Anda periksa agar berhasil mengevaluasi kursus eLearning Anda adalah faktor penting dari waktu duduk. Ada beberapa pendapat tentang seberapa lama kursus eLearning seharusnya. Namun, perlu diingat bahwa durasi efektif adalah antara 15 dan 30 menit untuk setiap topik.
  7. Biaya.
    Terakhir, Anda akan ingin mengevaluasi biaya kursus eLearning Anda. Bahkan jika Anda telah berhasil memenuhi semua kriteria yang disebutkan di atas, jika kursus eLearning Anda terlalu mahal, ini mungkin menjadi masalah. Pertama, Anda perlu bertanya pada diri sendiri berapa biaya merancang dan mengembangkan kursus eLearning Anda (desain instruksional, waktu kerja, biaya pembelian, dll), lalu berapa biaya menjalankannya (lisensi dan sebagainya) dan kemudian hitung biayanya per pelajar. Terakhir, pertimbangkan untuk memasukkan faktor estimasi biaya penggunaan kembali seperti itu, yang secara signifikan meningkatkan ROI.

Evaluasi Kursus eLearning Di Semua Tahap

Pada titik ini Anda tahu faktor mana yang perlu dipertimbangkan saat mengevaluasi kursus eLearning Anda. Sekarang, mengingat bahwa evaluasi harus dirancang sebagai bagian integral dari kursus eLearning dan merupakan proses yang berkelanjutan, mari kita lihat bagaimana Anda akan dapat mengevaluasi produk Anda di semua tahapannya, agar Anda dapat terus meningkatkannya dan membuat pengalaman eLearning yang Anda tawarkan kepada audiens Anda semakin efektif.

Tahap Pengembangan Kursus eLearning

Seperti yang telah dibahas di atas, evaluasi kursus eLearning perlu direncanakan sebelum kursus eLearning dimulai, yaitu pada tahap pengembangan. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan umpan balik dari semua orang yang memiliki peran dalam membuat dan berpartisipasi dalam kursus eLearning Anda.

  1. Tanyakan kepada tim eLearning Anda.
    Untuk mendapatkan wawasan tentang seberapa baik fungsi kursus eLearning Anda, atur pertemuan rutin online atau tatap muka dengan tim eLearning Anda. Pertemuan-pertemuan ini harus mencakup semua masalah utama, jadi tentukan agenda mereka dengan hati-hati. Anda perlu memeriksa kualitas konten eLearning Anda, kegunaan dan efektivitasnya, dukungan teknis yang diberikan, waktu, instruksi, kegiatan interaktif, dll. Pertimbangkan untuk mendokumentasikan pertemuan ini dan membuat catatan yang cermat untuk menganalisis data evaluasi secara efektif.
  2. Tanyakan kepada audiens Anda.
    Anda dapat mengumpulkan umpan balik dari peserta didik Anda dengan menjalankan kelompok fokus dari audiens sampel, untuk mengevaluasi pengalaman eLearning yang ditawarkan kursus eLearning Anda. Evaluasi dari audiens sampel pada tahap awal pengembangan kursus eLearning Anda dapat menghasilkan peningkatan besar. Cara yang sangat efektif untuk membuat pertanyaan untuk evaluasi Anda adalah dengan menyelaraskannya dengan tujuan kursus eLearning Anda. Selanjutnya, tanyakan kepada calon pelajar Anda apakah konten online Anda mudah dimengerti, apakah skenario yang Anda gunakan relevan dengan mereka, apakah permainan yang mungkin Anda sertakan bersifat motivasi, apakah bahasanya sesuai, apakah gambar dan grafiknya menarik, jika instruksinya jelas dan jika aktivitas interaktifnya menarik. Tanyakan kepada mereka semua yang mungkin Anda pikirkan, catat tanggapan mereka, analisis data, lalu revisi dan modifikasi kursus eLearning Anda sesuai dengan itu. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mencegah kesalahan dan menyelesaikan beberapa masalah sebelum kursus eLearning Anda ditayangkan.
  3. Tahap Aktualisasi Kursus eLearning.
    Evaluasi tengah kursus yang paling efektif pada dasarnya dilakukan dengan melacak aktivitas peserta didik Anda. Melacak dan merekam aktivitas audiens Anda akan membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas kursus eLearning Anda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan LMS baik yang dihosting atau berbasis cloud. LMS yang tepat akan memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan data evaluasi penting, biasanya setiap hari. Untuk memutuskan apakah solusi LMS yang Anda pilih ideal untuk Anda, Anda perlu mengevaluasinya. Prosedur ini mungkin memakan waktu, tapi itu pasti sepadan. Selain itu, cara lain untuk mengevaluasi kursus eLearning Anda saat berjalan adalah dengan mengamati perilaku peserta didik saat mereka berpartisipasi di dalamnya dengan melakukan kelompok fokus dan mengatur diskusi online. Dengan menantang peserta didik Anda untuk melakukan aktivitas yang mencerminkan pengetahuan dan keterampilan mereka saat mengambil kursus eLearning Anda, Anda dapat secara implisit meminta umpan balik dan membuat semua perubahan yang diperlukan sesuai dengan itu.
  4. Tahap Penyelesaian Kursus eLearning.
    Sekarang setelah kursus eLearning Anda selesai, Anda perlu tahu apakah audiens Anda puas. Cara paling populer untuk mengevaluasi kursus eLearning Anda setelah dibuat adalah dengan melakukan survei. Anda dapat menyertakan survei di akhir kursus eLearning Anda dan secara langsung mempertanyakan desain kursus eLearning, relevansi, dan waktu Anda. Tanyakan kepada audiens Anda apakah keterampilan/pengetahuan/kinerja mereka telah ditingkatkan dengan menggunakan apa yang diajarkan dalam kursus eLearning, apakah pendekatan instruksionalnya efektif, atau jika ada bagian dari materi pembelajaran yang tidak jelas. Dengan melakukan evaluasi pasca kursus, Anda dapat mengumpulkan umpan balik yang berharga dan melihat peningkatan apa yang perlu Anda lakukan untuk memberikan kursus eLearning yang lebih baik lagi di lain waktu. Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi aspek keuangan kursus eLearning Anda. Apakah ada pengembalian investasi yang positif untuk Anda? Penting untuk mengetahui apakah ada manfaat finansial yang melebihi biaya kursus eLearning Anda setelah selesai, untuk merevisi strategi keuangan Anda atau terus mengikuti yang sama.

Secara keseluruhan, mengevaluasi kursus eLearning Anda adalah kunci yang tidak boleh Anda abaikan. Untuk mengevaluasi kursus eLearning Anda dengan cara yang paling efisien, pertimbangkan untuk mengintegrasikan prosedur evaluasi ke dalam proses eLearning Anda dan Anda akan menemukan bahwa manfaatnya sangat berharga.

Referensi:
https://elearningindustry.com/elearning-course-evaluation-the-ultimate-guide-for-elearning-professionals