Headless CMS adalah cara baru dan popular saat ini untuk membangun aplikasi web yang menggabungkan pengelolaan konten CMS dengan Front-End JavaScript seperti ReactJS, AngularJS, VueJS, dan sebagainya. Banyak developer, termasuk pembuat WordPress, Matt Mullenweg, melihat Headless CMS sebagai masa depan pengembangan aplikasi web. WordPress sebagai Headless CMS, apakah bisa?

Headless WordPress Saat Anda memuat halaman di situs WordPress (secara tradisional), server menjalankan kode yang membuat dokumen HTML. Dokumen itu kemudian dikirim ke browser Anda. Itulah mengapa WordPress dan aplikasi web yang bekerja dengan cara yang sama disebut aplikasi sisi server. Pembuatan theme WordPress termasuk dalam kategori ini.

Sedangkan Headless WordPress adalah cara berbeda untuk membuat aplikasi web, terkadang disebut pengembangan terpisah atau pengembangan di sisi klien. Seperti yang bisa Anda tebak dari namanya, antarmuka aplikasi dibuat dan dikelola di klien — biasanya browser, dan bukan di server. Lebih tepatnya, aplikasi JavaScript yang berjalan di browser membuat antarmuka dengan konten yang diambil dari WordPress, melalui API.

WordPress REST API Syukurlah WordPress saat ini sudah memiliki REST API yang dapat digunakan untuk mendukung layanan Headless CMS. WordPress, by default, sudah memiliki beberapa endpoint yang dapat digunakan oleh aplikasi eksternal untuk mendapatkan data dari CMC WordPress. Salah satu contoh endpoint API untuk mendapatkan data Posts dari website WordPress kita.

https://yourdomain.com/wp-json/wp/v2/posts

Selebihnya Anda dapat melihatnya disini. https://developer.wordpress.org/rest-api/reference/

Anda juga dapat menambahkan custom endpoint Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan aplikasi web Anda.

https://developer.wordpress.org/rest-api/extending-the-rest-api/adding-custom-endpoints/

Dengan adanya REST API tersebut, kita bisa membuat aplikasi via Front-End JavaScript tanpa perlu membuat theme WordPress sampai jadi theme utuh terlebih dahulu sehingga WordPress dapat digunakan sebagai Headless CMS.

Sumber: https://blog.cpanel.com/how-to-use-wordpress-as-a-headless-cms/
Featured Image: https://www.cms-connected.com/News-Archive/August-2020/API-based-Architecture-of-Headless-CMS-Benefits-and-Use-Cases