Membuat pelatihan atau kelas online yang efektif , ada dua faktor yang mempengaruhi. Pertama membuat konten pelatihan dengan tepat dan menarik, sedangkan yang kedua adalah usaha anda dalam membuat peserta terlibat aktif dalam mengikuti pelatihan yang dilakukan. Tentunya pasti lebih mudah untuk berbagi informasi dengan peserta yang memiliki keinginan kuat untuk belajar, karena mereka memiliki motivasi untuk melakukan hal tersebut. Namun bagaimana untuk tetap menjaga motivasi peserta pelatihan tersebut?

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat anda lakukan dalam memotivasi setiap peserta di kelas anda.

  1. Isi Konten dengan format yang menarik

    Siapkan konten materi yang ingin disampaikan dalam bentuk gambar, video, animasi atau infografis yang baik. Hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan peserta dipaksan untuk meihat baris teks yang panjang seolah tidak habis-habis. Video dan animasi bisa lebih memperjelas suatu proses seperti proses membuat CV yang baik, proses dalam mengolah makanan, dan lain-lain. Dengan melihat gambar, peserta bisa lebih terlibat saat materi tersebut disampaikan.

  2. Buat Kelas Pelatihan Lebih Interaktif

    Buat sebuah kegiatan nyata untuk dilakukan selama pelatihan. Seperti contoh, mengisi survey online saat itu juga melalui aplikasi atau peserta dapat menjawab pertanyaan singkat dengan mengklik tombol hijau di layar. Intinya adalah kegiatan interaktif tersebut dapat menarik perhatian peserta. Dengan iini mereka bisa lebih terfokus terhadap materi yang disampaikan.

  3. Beri Tantangan kepada Peserta

    Sertakan aktifitas berupa tantangan yang bertujuan untuk menguji pemahaman peserta didik setelah penyampaian materi selesai. Sampaikan hal ini di awal kelas sehingga peserta tersebut benar-benar memperhatikan materi yang anda sampaikan. Pemilihan aktifitas yang menantang tersebut tentunya dapat memungkinkan peserta untuk membuat skenario atau menyusun informasi yang didapat. Sehingga bisa diterapkan di situasi dunia nyata. Bisa juga berupa kuis yang mengukur sejauh mana peserta tersebut memahami apa yang disampaikan.

  4. Berikan Umpan Balik Selama Pelatihan

    Tujuan pelatihan adlaah untuk membantu peserta mengubah perilaku dan meningkatkan kinerja. Memberikan umpan balik selama pelatihan dapat memotivasi peserta dalam mencapai tujuan peserta tersebut. Seperti contoh, bila ada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan, anda dapat meunjukkan bahwa itu adalah hal baik, sehingga anda dapat memberikan umpan balik seperti “good job” , namun sebaliknya bila mereka salah, tidak perlu dikatakan salah , sebaliknya jelaskan lagi alasan mengapa jawaban yang diberikan kurang tepat.

  5. Berikan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

    Kebanyakan peserta anda saat ini mungkin senang bila menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di handphone, seperti live streaming, sosial media, menonton film, yang tentunya lebih indah, lebih modern dan menarik.  Begitu juga dengan pelatihan anda, buatlah peserta anda lebih nyaman dan berikan pengalaman yang menyenangkan. Peserta akan sering kesulitan bila pelatihan sulit diakses melalui handphone atau tablet. Peserta tersebut juga cendrung hilang motivasi bila pelatihan yang disampaikan agak kaku dan terlalu formal. Sehingga dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan, mereka akan emiliki motivasi lagi untuk mengikuti pelatihan yang lainnya.

Demikian tips yang dapat anda lakukan. Apabila pelatihan yang dilakukan menyenangkan, peserta tersebut akan mengingat materi yang disampaikan dan menerapkannya di pekerjaannya. Peserta tidak kapok untuk ikut pelatihan lagi dan cenderung bersemangat bila diikut sertakan dalam pelatihan lain. Kombinasi beberapa cara diatas tentunya dapat lebih memaksimalkan hasilnya. Jadi, Selamat Mencoba!

 

Referensi
elearningindustry.com – how motivate online learners

Sumber Gambar:
Unsplash.com