Masa Pandemi saat ini masih berlanjut. Keadaan yang banyak mengubah aspek kehidupan manusia termasuk dengan dunia pendidikan. Semua proses kegiatan belajar pun dipaksa utuk dilakukan lewat online tanpa melihat kesiapan sebelumnya. Bagi anda yang merasa masih bingung bagaimana mengajar di tengah pandemi. Berikut ini adalah metode-metode belajar yang dapat anda terapkan di kelas anda.

  1. Blended Learning

    Metode blended learning menggunakan sistem online namun masih bertatap muka melalui video conference (seperti zoom, Ms.Teams, dlsb), bisa diartikan meskipun pengajar dan peserta didik terpisah ruang, pihak keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain. Metode ini yang dinilai sangat efektif karena mudah untuk diterapkan, apalagi khususnya metode ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif bagi peserta didik.

  2. Integrated Curriculum

    Metode belajar yang satu ini menerapkan pembelajaran pada project base, yaitu dimana setiap kelas akan diberikan suatu proyek yang relevan dengan mata pelajaran. Metode belajar ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, melainkan mengaitkan metode belajar lainnnya. Sehingga dengan metode ini, peserta didik akan melakukan kerjasama dalam menyelesaikan proyek tersebut.

  3.  Home Visit Method

    Metode yang satu ini merupakan salah satu pilhan yang bisa digunakan di masa pandemi. Metode ini mengharuskan guru atau pengajar mengunjungi rumah setiap peserta didik dalam wakti tertentu. Metode ini dapat digunakan pada keadaan dimana peserta didik kurang memiliki kesempatan untuk memiliki perangkat komputer untuk dia belajar online. Sehingga dengan metode ini, materi yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik.

  4. Luring Method

    Metode belajar Luring dilakukan di luar jaringan, yang berarti metode belajar tetap dilakukan dengan tatap muka namun tetap memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang berlaku. Dalam metode ini, para peserta didik akan belajar secara bergiliran untuk menghindari kerumunan. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian materi yang mudah kepada para peserta didik, khususnya mereka yang berada dalam keadaan kurang memiliki fasilitas untuk belajar online.

  5. Online Learning

    Online learning adalah metode yang dinilai paling efektif di masa pandemi ini. Metode belajar ini menuntut para peserta didik untuk bisa tetap belajar menggunakan fasilitas atau barang-barang yang ada di rumah untuk mengerjakan seluruh kegiatan dalam online learning. Metode belajar ini termasuk paling aman dilakukan di masa pandemi.

  6. Project Based Learning
    Metode PBL ini memiliki tujuan utama yaitu melatih peserta didik  untuk bisa berkolaborasi, berkerjasama dan memiliki empati dengan sesama. Metode PBL ini sangat efektig diterapkan untuk masa pandemi saat ini. Dalam metode ini, peserta didik diminta untuk memiliki kelompok belajar kecil untuk bereskperimen, menemukan inovasi untuk solusi dalam memecahkan masalah yang diberikan. Tentunya masih berkaitan dengan materi pelajaran.

Demikian enam metode belajar yang mudah diterapkan di masa pandemi, tentunya setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan. Para pengajar juga haris aktif dalam mengkombinasikan metode belajar yang ada demi tercapainya kurikulum. Semoga pandemi saat ini tidak menyurutkan semnagta kita untuk berbagi ilmu.

 

Source : https://sevima.com/
Image Source : unsplash.com