Sebagai seorang profesional kreatif, ada kalanya membutuhkan banyak waktu untuk sendirian. Apakah itu seorang freelancer atau pekerja kantoran yang penuh dengan orang lain. Menjadi keharusan dari seorang pekerja kreatif dalam melakukan penggalian ide ide kreatif yang baru, hal itu terasa seperti proses mengisolasi diri.

Terlepas dari kenyataan bahwa saat dalam kesendirian menjadi hal yang tidak menyenangkan karena menurut penelitian manusia tidak menyukai kesendirian. Kesendirian hanyalah menjadi salah satu kunci untuk membuka dan menemukan ide ide terbaik.

Menghabiskan waktu sendirian memiliki beberapa manfaat terutama dalam kreativitas dan produktivitas, dua aset utama dari seorang pekerja kreatif.

1. Fokus pada satu hal

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak hal yang harus diselesaikan sekaligus, tetapi penelitian menunjukkan bahwa otak manusia tidak begitu baik kala harus melakukan banyak tugas. Tetapi dengan menghabiskan waktu sendirian Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dengan kualitas pekerjaan yang lebih baik.

2. Tingkat Emosi Lebih Terjaga

Reed Larson seorang ilmuwan dalam risetnya mempelajari efek suasana hati saat menyendiri pada remaja. Reed Larson menemukan bahwa meskipun secara umum orang tidak selalu menikmati dalam menghabiskan waktunya sendirian namun suasana hati mereka pada akhirnya menjadi lebih baik

3. Kebebasan Dari Permintaan Orang Lain

Psikolog menjelaskan bahwa pada saat kita menghabiskan waktu dengan orang lain kita tunduk pada tuntutan mereka. Meskipun secara umum tuntutan ini tidak terlalu penting namun dapat mengalihkan fokus dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Saat dalam kesendirian memungkinkan untuk kembali fokus pada prioritas sendiri tanpa harus mempertimbangkan permintaan orang lain.

4. Lebih Kreatif

Berkolaborasi atau bekerjasama bisa menjadi proses yang menyenangkan dan menstimulasi otak. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa memunculkan ide-ide kreatif dengan orang lain sebenarnya justru membatasi proses pembentukan ide. Ada banyak alasan mengapa brainstorming pada suatu kelompok tidak seefektif saat brainstorming secara individu, terjadi karena pemikiran kelompok, kebingungan, dan ketakutan akan penilaian orang lain.

5. Meningkatkan Memori

Menghabiskan waktu sendirian telah terbukti meningkatkan daya ingat. Jadi selama dalam kesendirian temukan hal hal yang telah dipelajari dan ide ide yang telah dihasilkan.

Bagaimana Menghabiskan Waktu Saat Dalam Kesendirian

Kita hidup di dunia yang saling terhubung yang mana hal itu dapat menyulitkan dalam menyendiri untuk menghasilkan karya kreatif. Jika ingin memastikan mendapatkan waktu menyendiri yang berkualitas berikut tips nya :

1. Menentukan Jadwal Mingguan

Tentukan sebagian waktu setiap waktu minggu yang akan Anda habiskan sendirian untuk mengerjakan pekerjaan, dan selalu mematuhi jadwal yang telah dibuat.

2. Mendesain Kembali Ruang Kerja

Carilah ruang kerja pribadi yang memiliki pintu agar dapat memisahkan diri dari orang lain saat bekerja menjadi cara yang baik untuk membuka ruang ide kreatif.

3. Meminta Waktu Bekerja dari Rumah

Jika saat ini bekerja di kantor, diskusikan dengan atasan untuk dapat bekerja dari rumah. Meskipun hanya dapat bekerja dari rumah setiap satu atau dua minggu sekali, Anda akan melihat kemajuan dan hasil berbeda dalam proses kreatif.

Meskipun saat dalam kesendirian sering kali merasa kesepian tetapi sangat penting untuk mengenali waktu kesendirian sebagai langkah penting dalam proses kreatif. Apakah Anda menikmati waktu yang dihabiskan kala sendirian? Apakah produktivitas atau kreativitas merupakan manfaat dari kesendirian?

Referensi