Pandemi yang bermula di awal tahun 2020 membuat semua aktivitas sebisa mungkin dilakukan secara online. Begitu pun dengan sekolah, yang sudah hampir setahun mengalami pembelajaran jarak jauh. Model pembelajaran ini, menuntut guru untuk lebih kreatif dan terbuka menggunakan teknologi untuk memaksimalkan pembelajaran tidak terkecuali subjek matematika. Seperti yang kita tahu matematika menjadi hal yang cukup menantang saat mengajar secara remote. Namun saat ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa membantu guru dalam membuat pembelajaran jarak jauh lebih mudah.

Khan Academy

Khan Academy adalah sumber belajar personalisasi gratis dengan kursus, video, dan latihan online. Siswa dapat menyelesaikan tinjauan harian dan melacak kemajuan mereka dalam dasbor pembelajaran platform.

Pada Khan Academy, soal latihan memberikan petunjuk selangkah demi selangkah, sehingga siswa bisa mendapatkan bantuan ketika mereka terjebak pada titik tertentu, tetapi tidak perlu bantuan untuk keseluruhan masalah. Hal ini memungkinkan mereka menyelesaikan masalah sendiri dan belajar dengan kecepatan mereka sendiri. Khan Academy cocok pada untuk K-12 dan pendidikan menengah.

YouTube University

Banyak yang sudah familiar dengan YouTube, namun tidak pernah menyangka bahwa YouTube memiliki channel Universitas. Daftar playlist khusus matetika memiliki lebih dari 30 video dengan pemecahan masalah dan contoh yang real dalam kehidupan. YouTube adalah platform yang familiar untuk siswa, sehingga siswa tentu akan dengan mudah mencari bantuan yang mereka butuhkan. Terlebih lagi banyak video yang berkaitan dengan yang mereka pelajari. YouTube University ini cocok untuk siswa dari kelas 10-12.

Wolfram MathWorld

Wolfram Mathworld adalah sumber belajar online yang bebas digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan matematika. Situs ini terdapat GIFs interaktif dan demo, catatan yang bisa di download, dan rangkuman untuk aturan matematika. Siswa dapat mengeksplorasi lebih dari 13.000 entri untuk menguatkan pemahaman mengenai matematika.

Situs ini memungkinkan siswa senior dan lebih mahir untuk benar-benar menggali lebih dalam matematika, dengan topik dan artikel dalam beberapa mata pelajaran yang berhubungan dengan matematika untuk berbagai tingkat latar belakang dan kemampuan.

Dari beberapa aplikasi tersebut, guru dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan belajar dan pembelajaran.

Referensi

15 Apps & Websites For Teaching Math Online