Metode pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar karena metode merupakan pondasi awal dalam menentukan sebuah tujuan pembelajaran. Tentu banyak sekali metode mengajar yang telah diterapkan di Indonesia dan setiap metode memiliki tujuan dan hasil akhir yang berbeda-beda. Namun, siapa sangka bahwa Indonesia memiliki dosen dan guru yang cukup kreatif membuat metode mengajar dengan cara yang unik dan menyenangkan.

  1. Dosen editor video

    Pada video ini murid-murid terlihat senang dan melihat guru yang berinteraksi dengan pria di dalam komputer untuk memecahkan suatu masalah error pada komputer. Video ini pun telah di tonton lebih dari dua juta penonton di YouTube.

  2. Menyisipkan sulap di setiap pelajaran

    Guru ini awalnya hanya iseng saja menyisipkan sulap dalam pelajaran farmakologi yang mejadi momok pelajaran sulit. Namun lama kelamaan sekolah membiayai dan menghargai metode pembelajaran yang di lakukan oleh Yoga. Murid-murid pun menjadi senang dengan pelajaran yang di anggap sulit.

  3. Guru yang mengajar fisika dengan media wayang

    Guru yang satu ini bisa di bilang memiliki metode belajar yang unik. Ia menggunakan media wayang untung menjelaskan pengertian cermin datar, cekung dan cembung. Metode ini mengingatkan kita kepada Sunan Kalijaga yang menyebarkan ajaran Islam menggunakan media wayang. Unik sekali bukan?

Nah, itulah tiga metode pembelajaran paling unik versi saya. Dengan metode yang menyenangkan, kegiatan belajar mengajar terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.