Mewarnai gambar memang identik dengan anak kecil. Bagaimana tidak, sejak balita para orang tua akan mengajari Anak nya untuk berlatih kreatif dan berekspresi menggunakan berbagai media. Salah satunya dengan coretan yang berupa tulisan, gambar dan warna. Hingga Anak menginjak sekolah, guru juga akan memberikan pelajaran mengenai mewarnai gambar. Pada anak, mewarnai dapat meningkatkan pertumbuhan otak, meningkatkan konsentrasi, melatih anak menggenggam pensil, mengenali perbedaan warna dan sebagai wadah berekspresi.

Namun ternyata mewarnai juga memiliki manfaat yang menakjubkan bagi orang dewasa. Mewarnai masuk ke dalam kategori terapi seni. Meningkatnya tingkat penderita schizofrenia (gangguan mental)  di dunia terjadi karena banyak faktor baik faktor genetik, intern serta ekstern. Salah satu faktor intern adalah stress dan beban fikiran. Di kutip dari the American Art Therapy Association, terapi seni adalah suatu kegiatan yang bermanfaat untuk memberikan beragam manfaat seperti menurunkan kecemasan, membuat bahagia, mengaktifkan kemampuan otak di bagian frontal, bernostalgia, serta mengasah otak kiri dan kanan.

Selain itu, mewarnai membuat kita melihat warna-warna. Menurut penelitian, setiap warna akan memancarkan energi yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Sebagai contohnya warna merah akan membuat kita merasa hangat dan semangat menyebabkan hemoglobin dalam tubuh meningkat, warna kuning akan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, warna biru mempengaruhi kesehatan tenggorokan dan menenangkan fikiran,warna oranye dapat mengurangi emosi negatif, dan masih banyak lagi.

Buku Coloring for Adult sangat mudah ditemui di toko buku, bahkan pada tahun 2012 buku ini sempat viral dan menjadi best seller. Hingga saat ini, banyak sekali buku-buku mewarnai khus orang dewasa yang beredar dengan berbagai jenis genre gambar. Penulis juga sempat membuat buku mewarnai khusus dewasa untuk keperluan Tugas Akhir kuliah yang berjudul “Yodhataksa”. Yodhataksa adalah tokoh fiktif yang berlatar jaman kerajaan Majapahit dimana tokoh-tokoh sejarah seperti Gajahmada dan Hayamwuruk pun ada dalam buku ini. Begini lah penampakannya.

Walaupun harga nya relatif mahal, namun manfaat yang kita dapat jauh lebih berharga, jadi tidak ada salahnya kita mencoba mewarnai di sela-sela kesibukan kita untuk membuat fikiran menjadi tenang. Jadi, maukah anda mencobanya?