Umumnya saat mendapatkan tugas atau pekerjaan, banyak dari kita yang tidak antusias terhadap hal tersebut. Kita memberikan respon negatif kepada tugas atau pekerjaan yang diberikan. Hal tersebut secara tidak langsung menjadikan kita pesimis untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Bagaimana kalau kita tanyakan kembali? Apa yang menyebabkan kita tidak antusias terhadap hal tersebut? Apakah karena kita merasa hal tesebut sulit? Apakah hal tersebut karena kita merasa tidak ada waktu untuk mengerjakan hal tersebut? Atau karena menurut kita hal tersebut tidak begitu penting?

Mungkin hal-hal tersebut tidak benar. Mungkin hanya pola pikir kita yang harus diubah, mengubah sesuatu menjadi manfaat. Apabila dipikirkan kembali, bila kita menanggapi tugas tersebut dengan antusias, maka yang akan kita dapat adalah manfaat. Ketika kita bersemangat, kita akan meluangkan waktu dan memberikan perhatian terhadap tugas tersebut, sehingga tidak ada kata waktu yang tidak cukup untuk mengerjakan tugas.

Apabila kita mengatakan tugas tersebut sulit? Atasan anda memberikan anda tugas tersebut pasti karena mereka yakin kita memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas tersebut, atau bahkan bila anda mengalami kendala dalam mengerjakan tugas anda, bagaimana bila anda berselancar di internet, segala jawaban dari pertanyaan akan dengan mudah anda dapatkan di internet, atau anda bisa bertanya dengan rekan sejawat. Alih-alih merasa sulit, anda akan mendapatkan manfaat, karena secara tidak langsung ilmu anda bertambah setelah mengerjakan tugas tersebut.

Hal yang paling mengerikan adalah ketika kita berpikir tugas tersebut tidaklah penting atau sekedar formalitas, sehingga kita mengerjakan tugas tersebut seadanya. Tugas sekecil apapun pasti memilik dampak terhadap kita dan orang di sekitar kita. Maka jangan pernah merasa tugas atau perkerjaan tidak bergitu penting, ada baiknya untuk selalu menganggap tugas anda sebagai penting, sehingga kita dapat lebih bersemangat dan terpacu dalam menyelesaikan tugas kita dengan hasil yang maksimal.

Tugas atau pekerjaan, sekecil apapun itu adalah sarana belajar dan mengembangkan diri anda, maka tidak akan sia-sia dan akan selalu ada manfaat dibalik setiap tugas.