Apa itu SCORM?

Secara singkat SCORM merupakan sebuah mekanisme dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran digital melalui Learning Management System (LMS).

SCORM merupakan kepanjangan dari “Sharable Content Object Reference Model“. “Sharable Content Object (SCO)” berarti konten pembelajaran dapat didistribusikan (shared) dan dipergunakan kembali (reused) pada LMS-LMS yang memiliki mekanisme SCORM. “Reference Model” bukan merupakan sebuah standard, melainkan sebuah referensi terhadap beberapa standar yang sudah dibuat sebelumnya. Advanced Distributed Learning sebagai penulis SCORM mereferensikan mekanisme yang telah ada (seperti IMS) dan bagaimana seharusnya digunakan oleh para pengembang sistem dan konten.

Bagaimana SCORM bekerja?

Terdapat dua mekanisme utama pada SCORM yaitu:

  1. Content Packaging
    Sebuah SCO adalah sebuah manifestasi dari konten. Manifest ini berupa paket dokumen (terkompresi dalam bentuk zip) yang terdiri dari materi ajar dan juga metadata yang mendefinisikan struktur konten seperti nama, dokumen apa yang harus dibuka.
  2. Run-time Communication
    Mekanisme komunikasi pertukaran data antara LMS dan konten ketika seorang pembelajar mengakses konten pada LMS. Seperti bagaimana konten bisa mengetahui nama pembelajar, kemudian LMS melaporkan bahwa pembelajar mendapatkan nilai 80 pada ujian yang dilakukan di dalam konten.

Mengapa Menggunakan SCORM?

SCORM digunakan pada pembelajaran daring pada saat ini. Konten dapat dibuat satu kali menggunakan authoring tool, kemudian didistribusikan pada LMS-LMS (plug and play) tanpa perlu melakukan modifikasi yang mahal . Organisasi-organisasi besar telah menggunakan SCORM sampai dengan saat ini.

LMS apa saja yang menggunakan SCORM?

LMS yang telah beredar di pasaran saat ini telah mengadopsi SCORM, baik yang open source maupun yang proprietary (berbayar). Bila ingin melakukan eksperimen kecil-kecilan dengan SCORM, bisa mencoba mengunduh Moodle ataupun Sakai. Pengalaman dalam menggunakan SCORM pada kedua sistem (proprietary ataupun open source) seharusnya tidak akan jauh berbeda, karena mereka akan menggunakan mekanisme yang sama.

Authoring tools apa saja yang dapat digunakan untuk menghasilkan SCORM content package?

Authoring tools adalah sebuah piranti lunak (software) untuk memproduksi konten, dalam konteks SCORM, berarti authoring tool  harus memiliki kemampuan untuk mengekspor konten menjadi SCORM content package. Authoring tools yang siap untuk menghasilkan SCORM content package antara lain iSpring, Captivate, Presenter. Bila anda juga dapat membuatnya sendiri bila memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pemrograman.

Demikian sedikit catatan tentang SCORM, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Referensi: https://scorm.com/scorm-explained/