Perusahaan eLearning di India siap menyambut VR sebagai pengalaman belajar. Terdapat pertumbuhan yang cukup besar di bidang pembelajaran VR di beberapa tahun belakangan. Jika tren ini benar, VR diharapkan akan menjadi hal yang besar di industri pembelajaran.

Apa itu VR?

VR merupakan lingkungan 3D yang dikomputerisasi dan dapat berinteraksi dengan penggunanya. Pengguna akan merasa seakan mereka berada di dalam dunia 3D. Hal ini menjadi pengalaman yang menenggelamkan pengguna ke dalam dunia virtual.

VR membutuhkan peralatan yang didesain khusus, yang disebut dengan VR headset untuk mengakses konten VR. Google Cardboard mungkin gawai yang paling sederhana dan paling banyak digunakan yang menawarkan pengalaman visual dan auditori dari VR.

VR dan pembelajaran

Dalam lingkungan belajar eLearning yang biasa, pebelajar melihat gambar atau teks, berinteraksi dengan cara klik, drag and drop, atau memasukkan teks. Di sisi lain, VR memberikan pengalaman yang lebih mendalam terhadap isi konten. VR memungkinkan pebelajar untuk berinteraksi langsung dengan materi belajar di dalam lingkungan virtual. Hal tersebut memperkuat interaksi, dengan demikian, motivasi belajar.

Misalnya, bayangkan melihat peta dunia di kelas Geografi. Tidak terlalu menarik, bukan? Sekarang bayangkan di kelas yang sama di dalam lingkungan VR dimana Anda dapat bermain dengan globe virtual dan mengeksplor area geografis. Jauh lebih interaktif, bukan?

VR telah membuka lingkungan belajar baru yang awalnya tidak mungkin. Misalnya, seseorang dapat membuat kursus tentang bagaimana bekerja di lingkungan berbahaya atau beresiko tinggi, eksplor dengan material berbahaya, atau melakukan aktivitas rumit tanpa harus benar-benar terpapar lingkungan tersebut. Dengan menggunakan VR, dapat merasakan pengalaman langsung dengan tingkat bahaya minimal. Disamping elemen menyenangkan dan interaktif, fitur keselamatan inilah yang menjadikan VR inovasi spesial di industri eLearning. VR memungkinkan pebelajar untuk belajar dari kesalahan, dan mencoba lagi. Misalnya, modul belajar berbasis VR pada material berbahaya akan memungkinkan pebelajar untuk berlatih menghadapi material secara virtual tanpa harus menghadapi resiko sebenarnya.

Masa depan VR

Dengan  lonjakan smartphone yang kompatibel dengan VR baru-baru ini, menjadikan VR mudah dan cepat dikenali. Beberapa aplikasi teknologi VR sudah beredar di pasaran. Dengan berbagai sudut pandang, kemungkinan pelatihan melalui VR semakin berkembang. Mari kita lihat beberapa industri dimana eLearning berbasis VR yang berdampak paling besar.

Industri pelatihan di dunia medis dan kesehatan dapat memanfaatkan teknologi VR secara efektif untuk melatih dalam proses dan prosedur. Lingkungan VR akan memungkinkan pebelajar untuk mencoba dan berlatih melakukan prosedur tanpa khawatir akan berdampak negatif pada pasien sebenarnya.

Area kunci dimana teknologi VR dapat merevolusi pelatihan yakni pada operator mesin dan teknisi. VR akan memungkinkan pebelajar untuk mengoperasikan mesin pada lingkungan virtual dan dengan demikian menjadi ahli sebelum menggunakan mesin sebenarnya.

Area lainnya yang sedang di eksplorasi dan sudah beredar di pasaran yakni pelatihan compliance. Hal tersebut memungkinkan peserta pelatihan untuk mengalami konsekuensi pada praktek yang tidak aman dan pelanggaran norma keselamatan. Pelatihan tersebut juga akan membantu mereka mendapatkan lingkungan dan rasa real-time dimana mereka akan berada dan belajar prosedur keselamatan dengan tepat.

VR juga menguntungkan pada pertukaran tingkat tinggi yang membutuhkan latihan dan presisi. VR menyediakan keuntungan finansial jangka panjang, dengan mengeliminasi kebutuhan untuk investasi di material untuk berlatih, memungkinkan peserta pelatihan untuk berlatih pada tugas-tugas berkali-kali hingga mereka berhasil melakukan dengan benar.

VR merupakan teknologi yang menyenangkan yang telah merevolusi industri eLearning. Perusahaan eLearning di India telah mengapresiasi potensi dan menyambut teknologi VR ke skala besar. Penelitian terus dilakukan dan tentunya di masa depan, VR akan menjadi bagian penting di domain eLearning.

Sumber:
https://elearningindustry.com/vr-in-elearning-virtual-reality-future
Photo by stem.T4L on Unsplash