Area search/pencarian yang dapat digunakan secara efektif merupakan titik interaksi utama dan juga jantung dari situs website e-commerce. Menurut EConsultancy, ketika pengguna berniat untuk menemukan produk yang tepat, biasanya “hingga 30% pengunjung akan menggunakan kotak search”, dan masing-masing dari mereka menunjukkan kemungkinan berniat untuk membeli dengan memasukkan nama atau kode produk. Itu berarti, semakin sering mencari, semakin banyak kesempatan untuk membawa produk lebih dekat ke calon pembeli, serta meningkatkan tingkat pembelian melalui website secara efisien.

Fakta dan Angka:

  1. 80% konsumen akan meninggalkan situs setelah mengalami pengalaman pencarian yang buruk
  2. 8 detik atau kurang adalah waktu yang kita miliki untuk membantu seseorang menemukan yang mereka inginkan.
  3. Rata-rata pengguna yang menyelesaikan pencarian memiliki konversi 1,8 kali lebih besar.
  4. Dalam hal produk yang berorientasi pada detail, kurang dari 10% pengunjung melakukan pencarian di tempat, lebih dari 40% pendapatan situs berasal dari mereka.
  5. Pengguna yang melakukan pencarian di situs, 4x lebih mudah terkonversi daripada pengguna yang tidak menggunakan fungsi pencarian.
  6. EConsultancy juga memberitahu kasus-kasus di mana pengunjung yang melakukan pencarian merupakan 13,8% dari keseluruhan pendapatan.

Mari kita lihat beberapa cara untuk meningkatkan fungsi pencarian yang efektif.

 

Lebih sedikit usaha yang dibutuhkan, lebih banyak kesuksesan yang diperoleh.

Pada tahun 1954, Paul Morris Fitts menemukan Hukum Fitt yang membantu kita memperkirakan waktu gerakan manusia secara umum – detail lebih lanjut mengenai Hukum Fitt https://en.wikipedia.org/wiki/Fitts%27s_law. Dengan menerapkan Hukum Fitt, perusahaan dapat menemukan lokasi untuk menaruh fungsi pencarian secara cerdik, sehingga pengguna dapat melakukan interaksi dengan cepat. Sebagai contoh, untuk mengurangi waktu interaksi, Amazon.com membuat area pencarian mejadli lebih lebar dan meletakkannya dekat dengan address bar. Dengan begitu pengguna dapat dengan cepat untuk melakukan pencarian.

amazon-website

 

Area search dapat dengan mudah ditemukan pada pandangan pertama.

Fakta, banyak pengguna yang cenderung mengabaikan suatu tindakan jika itu membutuhkan waktu lebih dari 5 detik. Untuk mencegah hal ini, setiap pencarian yang efektif dirancang agar pengguna dapat dengan mudah mengenalinya pada pandangan pertama dengan menerapkan penelitian persepsi visual manusia.

Sebagai contoh, kita dapat melihat website e-commerce blibli.com. Blibli menyoroti area pencarian dengan warna korporasi mereka. Karena itu, setiap kali orang mengunjungi blibli, mata mereka akan mudah untuk melihat kotak pencarian pada pandangan pertama.

blibli

Desain search harus terlihat jelas.

Karena alasan estetika, beberapa pencarian dirancang dengan bentuk yan berbeda, terlihat aneh atau bahkan tidak dikenali. Dalam beberapa kasus, hal ini membutuhkan banyak waktu bagi orang untuk menemukan dan memasukkan pencarian.

Desain seminimal mungkin.

Sebagian besar pencarian dibuat semudah mungkin untuk digunakan. Tidak perlu lebih dari satu atau bahkan tidak ada filter di kotak pencarian. Selain itu, konten yang tidak relevan dihilangkan dengan cerdas selama waktu pencarian untuk embantu orang lebih fokus pada konten yang relevan.

 

Bantu pengguna dengan fungsi Autocomplete Prediktif.

Berdasarkan penelitian Atkinson dan Shiffrin, ingatan jangka pendek manusia sangat terbatas. Memori jangka pendek memiliki 3 aspek kunci dibawah ini:

  1. Kapasitas terbatas (hanya sekitar 7 item yang dapat disimpan sekaligus).
  2. Durasi terbatas (penyimpanan sangat rapuh dan informasi dapat hilang karena gangguan atau berlalunya waktu).
  3. Encoding (terutama akustik, bahkan menerjemahkan informasi visual menjadi suara).

Karena keterbatasan memori jangka pendek, orang memiliki kesulitan untuk mengingat pencarian panjang dengan benar. Dengan menyediakan pelengkap otomatis prediktif, beberapa situs hanya perlu pengguna memasukkan permintaan pencarian cukup dengan memgetik “sepatu lari” lalu segera muncul kata yang disarankan berikutnya yaitu “sepatu lari kasual”, “sepatu lari pria”, dan seterusnya. Pilih salah satu lalu tekan “space bar”, maka kata kunci yang disarankan berikutnya akan muncul. Sehingga membuat pengguna menemukan yang mereka inginkan secara efisien.

https://uxdesign.cc/insights-of-effective-on-site-search-on-ecommerce-websites-40a3307cddd4