Apa itu Rubrik?

Seperti yang dikutip dari http://www.ascd.org/ kata rubrik berasal dari kata Latin yang berarti merah. Lalu pada kamus Merriam-Webster daring, mencantumkan arti rubrik sebagai panduan yang mencantumkan kriteria spesifik untuk menilai atau menilai makalah, proyek, atau tes akademik.

Rubrik adalah alat/instrumen bagi pengajar untuk menetapkan kriteria penilaian untuk tugas. Tidak hanya berguna bagi para pengajar, alat ini juga bermanfaat bagi siswa. Rubrik mendefinisikan secara tertulis apa yang diharapkan dari siswa untuk mendapatkan nilai tertentu pada suatu tugas.

Berdasarkan Stevens & Levi (2013) yang dimuat dalam teaching.berkeley.edu, rubrik berisi empat fitur penting:

  1. Deskripsi tugas atau judul deskriptif dari tugas yang diharapkan dihasilkan atau dilakukan siswa
  2. Skala (dan skor) yang menggambarkan tingkat penguasaan (mis., Melebihi harapan, memenuhi harapan, tidak memenuhi harapan);
  3. Komponen / dimensi yang harus diperhatikan siswa dalam menyelesaikan tugas / tugas (mis., Jenis keterampilan, pengetahuan, dll.); dan
  4. Deskripsi kualitas kinerja (deskriptor kinerja) dari komponen / dimensi pada setiap tingkat penguasaan.

Prinsip Penilaian

Menurut Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi oleh Kemdikbud, terdapat beberapa prinsip penilaian, yaitu:

  1. Edukatif merupakan penilaian yang memotivasi siswa agar mampu memperbaiki perencanaan dan cara belajar dan meraih capaian pembelajaran lulusan.
  2. Otentik merupakan penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.
  3. Objektif merupakan penilaian yang didasarkan pada stándar yang disepakati antara pengajar dan siswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai.
  4. Akuntabel merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh siswa.
  5. Transparan merupakan penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan.

Jenis Rubrik

Terdapat tiga macam rubrik yang digunakan, yaitu:

  1. Rubrik holistik adalah pedoman penilaian untuk menilai berdasarkan kesan keseluruhan atau kombinasi semua kriteria.
  2. Rubrik analitik adalah pedoman penilaian yang memiliki tingkatan kriteria penilaian yang dideskripsikan dan diberikan skala penilaian atau skor penilaian.
  3. Rubrik skala persepsi adalah pedoman penilaian yang memiliki tingkatan kriteria penilaian yang tidak dideskripsikan, namun tetap diberikan skala penilaian atau skor penilaian.

Manfaat Rubrik

Terdapat beberapa manfaat penggunaan rubrik dalam penilaian, yakni:

  1. Penilaian objektif, konsisten dan berkriteria jelas
  2. Memberikan informasi bobot penilaian
  3. Siswa dapat mengukur pencapaian dengan rubrik
  4. Siswa mendapatkan feedback yang cepat dan tepat
  5. Sebagai instrumen refleksi pembelajaran
  6. Sebagai pedoman penilaian.

Referensi

http://www.ascd.org/publications/books/112001/chapters/What-Are-Rubrics-and-Why-Are-They-Important%C2%A2.aspx

https://www.uen.org/rubric/know.shtml

https://teaching.berkeley.edu/resources/assessment-and-evaluation/design-assessment/rubrics