Apa itu Problem Based Learning?

Sering sekali istilah Problem Based Learning atau PBL digunakan dalam pembelajaran. Namun, apa sebenarnya PBL itu? Barrel dalam buku Problem Based Learning : An Iquiry Approach menjelaskan definisi dari PBL, bahwa “PBL (problem based learning) can be defined as an inquiry process that resolves questions, curiousities, doubt, and uncertainties about complex phenomena in life. A problem is any doubt, difficulty and uncertainty that invites or need some kind of resolution”.

Problem Based Learning bisa dikatakan sebuah pendekatan instruksional yang menggunakan ciri khas problem. Pembelajar melakukan investigasi terhadap problem yang disajikan dan pada akhirnya akan menemukan sebuah penyelesaian kasus.

PBL bisa juga diartikan sebagai sebuah proses inkuiri yang menyelesaikan pertanyaan, keingintahuan, keraguan, dan ketidaktentuan mengenai fenomena kompleks dalam hidup.

Mengapa harus Problem Based Learning?

Problem Based Learning adalah sebuah model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan masalah sebagai fokus utama dari pembelajaran. Keuntungan dari penggunaan PBL dalam pembelajaran adalah salah satunya dapat meningkatkan kemampuan analisis dari pembelajar. 

Hal itu sesuai dengan sebuah penelitian oleh Wafik Khoiri et al (2013), didapatkan hasil bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model problem based learning berbantuan multimedia memiliki hasil yang lebih baik. Kesimpulannya adalah jika kemampuan berpikir kreatif siswa semakin tinggi, maka kemampuan pemecahan masalah akan semakin tinggi.

Langkah Pembelajaran dengan Problem Based Learning 

Seperti yang dikutip dari teach.its.uiowa.edu terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran Problem Based Learning. 

Step 1: Explore the issue.

Mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, mempelajari konsep yang baru, dan kemampuan yangberkaitan dengan topik.

Step 2: State what is known.

Masing – masing siswa dan kelompok membuat daftar hal – hal yang mereka ketahui mengenai skenario masalah

Step 3: Define the issues.

Buat kerangka permasalahan dalam sebuah konteks yang sudah diketahui. Berikan informasi yang diharapkan dalam pembelajaran

Step 4: Research the knowledge.

Mencari sumber dan informasi yang akan membantu pembelajar untuk bisa mengemukakan pendapatnya mengenai hal tersebut.

Step 5: Investigate solutions.

Buat daftar mengenai aktivitas yang dilakukan untuk memberikan solusi dari masalah tersebut, formulasikan dan uji hipotesisnya. 

Step 6: Present and support the chosen solution.

Nyatakan dengan jelas dan dukung kesimpulan dengan informasi dan bukti yang relevan

Step 7: Review 

Review kembali hasil penyelesaian masalah yang ada, jika jawaban yang diberikan belum cukup untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, maka berikan penjelasan lanjutan untuk mengklarifikasi jawaban yang paling sesuai dengan penyelesaian masalah.  

Bagaimana Mengadaptasi Problem Based Learning dalam sebuah Learning Object? 

1. Start with a real-life problem

Mulailah sebuah learning object dengan real life problem pada bagian awal tampilan, munculkan sebuah kasus atau fenomena yang dapat menarik minat pembelajar. Pilihlah masalah yang  kontekstual, karena dapat dengan mudah memicu rasa ingin tahu dari pembelajar. 

2. Map it out

Dari penyajian masalah arahkan pembelajar untuk memahami masalah dan mencari tahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. 

3. Be creative

Pembelajar diminta untuk mandiri dan mencari informasi lain dari internet atau sumber – sumber yang relevan untuk memperkaya pengetahuan mereka mengenai penyelesaian masalah tersebut.

6. Join a challenge

Pembelajar diminta untuk memberikan jawaban atas masalah tersebut dan menyimpulkan hasil dari penyelesaian masalah. Langkah terakhir adalah pembelajar diberikan jawaban mengenai penyelesaian masalah yang paling tepat dari kasus yang telah diberikan. 

https://www.teachthought.com/project-based-learning/8-steps-to-design-problem-based-learning-in-your-classroom/

https://teach.its.uiowa.edu/sites/teach.its.uiowa.edu/files/docs/docs/Steps_of_PBL_ed.pdf

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3328/3072