Pada tanggal 13 Mei 2024, Direktorat Knowledge Management & Innovation melakukan kunjungan ke Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Pustaka (PUSBIOLA) – PERPUSNAS RI. Kunjungan ini merupakan langkah konkret dalam memperdalam kolaborasi antara kedua entitas tersebut untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengelolaan bahan pustaka secara efisien.

Tim kunjungan ini dipimpin oleh Bapak Elidjen selaku Direktur Knowledge Management & Innovation. Sesampai di PUSBIOLA kami disambut dengan baik oleh Bapak Suharyanto, S.Sos., M.Hum. selaku Kepala Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Ibu Ratna Gunarti, S.Sos. selaku Ketua Kelompok Pengawas Bibliografi dan Layanan ISBN dan ISBN, dan Ibu Yersi Febrina, SE. selaku Ketua Sub Kelompok Layanan ISBN dan ISMN.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai prosedur pengajuan ISBN dan format eBook yang akan diajukan ISBN. Diskusi yang intensif dan produktif pun terjadi selama pertemuan tersebut.

Setelah berdiskusi, Tim Direktorat Knowledge Management & Innovation berhasil memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai prosedur pengajuan ISBN dan format eBook yang sesuai standar. Diskusi yang terbuka dan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak telah membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih erat di masa depan. Kerjasama lebih lanjut antara kedua entitas ini pun akan terus dijajaki untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengelolaan bahan pustaka secara efisien.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momentum untuk memperdalam kolaborasi antara Direktorat KMI dan PERPUSNAS RI, tetapi juga menjadi titik awal bagi upaya bersama dalam memajukan industri penerbitan dan pengelolaan informasi di Indonesia.