Pada akhirnya, pembelajaran imersif ada untuk membekali peserta didik dengan keterampilan baru dan meningkatkan basis pengetahuan mereka. Apakah pembelajaran sedang diterapkan di sekolah, perguruan tinggi dan universitas, di tempat kerja atau di luar, itu sangat bermanfaat bagi individu di semua tahap kehidupan mereka.

Peningkatan pembelajaran melalui tindakan

Pembelajaran imersif dibangun berdasarkan penelitian ilmu saraf selama beberapa dekade, yang menunjukkan bahwa otak kita sebenarnya ditipu oleh konten digital, jadi kita cenderung bereaksi terhadap pengalaman imersif dengan cara yang sama seperti di dunia nyata. Ini menjadikan pembelajaran imersif sebagai pengubah permainan untuk pembelajaran berbasis praktik, karena ini menunjukkan bagaimana kita akan bereaksi dalam skenario kehidupan nyata.

Menyediakan lingkungan bebas gangguan

Dengan munculnya kemajuan seluler dan digital, kehidupan modern semakin penuh dengan gangguan yang tidak dapat kita tolak. Tapi ini berpotensi memiliki dampak negatif pada pengalaman belajar dan kemampuan pelajar untuk belajar dan menyimpan informasi. Realitas virtual menawarkan alat yang sangat efektif dalam hal ini, karena menghalangi dunia nyata, menyediakan lingkungan bebas gangguan di mana pelajar dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada tugas yang ada.

Latihan membuat sempurna

Pengulangan mengarah pada penyempurnaan teknik dan secara signifikan meningkatkan retensi pembelajaran. Teknologi imersif memberikan ruang untuk mengulang aktivitas dan mengeksplorasi hasil yang berbeda berdasarkan tindakan dan reaksi siswa yang berbeda. Ini sangat penting untuk pelatihan praktis, karena membantu membangun memori otot dan menyempurnakan teknik spesifik di mana kesalahan di dunia nyata bisa menjadi bencana besar, seperti keterampilan bedah yang rumit untuk mahasiswa kedokteran.

Membawa pembelajaran menjadi hidup

Meskipun teknologi imersif menawarkan cara yang brilian untuk mengembangkan keterampilan praktis, teknologi ini juga berpotensi membantu pelajar untuk jatuh cinta pada pembelajaran dan memicu rasa ingin tahu. Realitas virtual memiliki potensi untuk membawa pelajar ke waktu dan tempat yang berbeda, dan kemampuan AR untuk meningkatkan dan meningkatkan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita. Contoh yang bagus adalah proyek Hold the World Museum Sejarah Alam, yang memperkenalkan siswa pada spesimen yang jarang terlihat dari koleksi museum – dan semuanya dengan Sir David Attenborough sebagai tutor pribadi Anda.

Pembelajaran yang berpusat pada pengguna yang dapat dipersonalisasi

Dalam pengaturan kelas tradisional, pelajar sering bekerja dengan cara, atau pada kecepatan atau tingkat yang tidak sesuai untuk mereka. Beberapa akan merasa terlalu lambat dan mungkin kehilangan minat, sedangkan yang lain mungkin berjuang untuk mengikutinya. Tidak seperti bentuk teknik pembelajaran yang lebih tradisional, pembelajaran imersif dapat benar-benar disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap individu, yang berarti bahwa setiap pengalaman itu unik dan dapat dilakukan pada tingkat dan kecepatan yang memenuhi kebutuhan mereka.

Terukur

Pengalaman belajar dari kelas ke tempat kerja perlu diukur untuk memastikan tingkat pemahaman dan kemahiran di pihak pelajar. Platform VISIONxR(™) Future Visual menyoroti bagaimana pembelajaran imersif dapat dibangun dengan evaluasi di jantung pengalaman apa pun. Pengalaman pelajar dapat dipantau secara real time oleh guru, pelatih, atau rekan mereka, memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan umpan balik segera. Selain itu, data kinerja dapat direkam untuk analisis setelah pengalaman terjadi – dan juga diulang di kemudian hari untuk menguji retensi pengetahuan dan keterampilan.

Tempat yang aman untuk belajar

Baik Anda ingin siswa Anda mengunjungi tempat-tempat yang sulit dijangkau dan berbahaya, atau mengajarkan praktik dan prosedur baru, dengan menciptakan kembali skenario kehidupan nyata di ruang digital, pembelajaran imersif menyediakan lingkungan yang aman dan bebas risiko untuk mengeksplorasi dan belajar dari kesalahan yang dibuat.

Sumber:
https://www.futurevisual.com/blog/immersive-learning/