Ultimate Gray & Illuminating Yellow

Mari memulai dengan warna tahun ini. Menurut PantoneUltimate Gray” dan “Illuminating Yellow” adalah untuk warna tahun 2021. Dan kami sangat setuju tentang hal itu! Pilihan warna yang sudah ditetapkan ini menunjukkan kekontrasan sempurna yang menyenangkan dan inspiratif.

Orang memandangnya secara berbeda tapi apa yang kita miliki disini ialah warna ultimate gray yang merupakan latar belakang sederhana dan solid dari bermacam desain. Disamping warnanya yang bagus, ultimate gray membawa kesan dalam yang unik pada desain. Ultimate gray ini menenangkan, halus, dan serius. Dan hal itu tentunya tidak membawa kesan buruk. Warna lain dalam kombinasi ini ialah warna Illuminating – warna kuning terang. Illuminating Yellow (kuning terang) warna yang menerangi desain dan menyoroti detailnya. Warna ini tidak bisa dikatakan terlalu terang dan agresif tetapi menjadi inspirasi dan berkilau.

Pada dasarnya, mengapa kombinasi ini begitu indah? Karena palet warna dari kedua warna ini menghasilkan gaya yang sangat seimbang serta memberikan kualitas desain yang berbeda. Desain pada kombinasi ultimate gray dan illuminating yellow terlihat serius dan mulus serta tampak hidup dan optimis. Dapat dikatakan bahwa kedua warna ini disoroti oleh berbagai merek – stabilitas dan inovasi.

Reliabilitas dan energi.‍Itulah sebabnya kita dapat melihat semakin banyak potongan desain yang mana dikenakan perusahaan dalam kombinasi warna yang percaya diri ini.

Warna Pastel & Nude Tone

Tren warna berikutnya sudah terkenal dan banyak digunakan! Inilah alasannya.

Kami percaya bahwa warna” pastel tidak akan pernah berhenti menjadi trendi! Warna pastel menemukan jalan mereka ke dalam desain yang begitu lancar, dan orang-orang menyukai warna pastel. Hal itu dikarenakan warna pastel menenangkan, meneduhkan, dan lembut. Warna pastel biasanya digunakan dalam desain dengan kontras cahaya dan grafik halus serta menciptakan suasana yang hangat. Desain pastel sangat lembut sehingga sering terasa seperti anda dapat menyentuhnya. Terkadang, hal itulah yang perlu dilihat oleh mata. Seperti halnya, warna pastel berjalan dengan sangat baik dengan beberapa merek. Anda akan sering melihat desain yang berkaitan perawatan, alam, kesehatan, pengembangan, rehat, dan travelling dengan pastel yang cantik. Meskipun anda memilih warna dingin atau hangat, desain pastel merilekskan pengguna secara langsung.

Selain warna pastel, musim dingin kali ini, kita melakukan pemanasan dengan gaya warna nude! Dapat dikatakan bahwa warna nude secara alami menyenangkan kita karena bagaimanapun juga kombinasi antara manusia dan kehangatan dengan warna pastel. Semakin banyak merek yang ingin menghubungkan antara pengguna dengan memberikan pengalaman visual yang ramah & hangat.

Di tahun 2020 & 2021, masyarakat mengalami kesulitan dalam menjalin jarak dengan sesama dan mengurangi kontak fisik yang berlebihan. Hal itu tercermin dalam semua bidang kehidupan, termasuk desain grafis. Itulah mengapa warna kulit manusia, warna alami bumi, coklat, krem, telah menjadi popular dan sebagaimana pun dibutuhkan. Palet warna ini dengan mudah terhubung dengan pengguna. Itulah mengapa warna palet digunakan dalam desain yang berhubungan dengan manusia dan hewan, masyrakat dan tubuh manusia.

Jadi, menggunakan warna alami telah menjadi tren dalam industri kosmetik, perawatan tubuh, kecantikan dan fashion. Dengan beginilah, warna nude telah membawa jenis estetika alami baru bagi kita, dan sepertinya palet warna alami ini akan menjadi tren desain grafis yang bertahan lama.

Washed & Worn-out Look

Terdapat warna lain dalam pewarnaan yang bersaing dengan desain baru yang cerah! Inilah tampilan lama dengan warna yang diperbaharui dan semacam suasana retro. Meskipun ini hal yang aneh bila disebut teknik yang trendi, gaya ini sempat ditunjukkan kembali akhir-akhir ini. Dan apa yang orang terutama suka tentang warna usang adalah bahwa mereka terlihat seperti mereka berada di tempat atau suasana yang lama – jadul.

Warna pudar dan pola desain compang-camping memberikan tampilan yang keren dan jadul. Ya, kita katakan sekolah tua, tidaklah sebenarnya tua. Karena desain Washed & Worn-out telah terbukti menjadi visual yang hidup sepanjang tahun. Justru karena terlihat usang atau lama, desain semacam ini terlihat bagus pada brand yang kompeten. Desain Washed &Worn-out mewakili penerapan dunia kerja yang panjang, ketekunan, dan kepercayaan.

‍Hal diatas menunjukkan kualitas yang abadi. Itulah sebabnya dengan bangga dikenakan oleh banyak brand yang menawarkan produk rumahan dan produk kerajinan! Tidak mengherankan. Nah, tampaknya ide-ide desain tidak harus selalu menjadi sesuatu yang mengkilap dan halus. Ada tren abadi yang dengan bangga mengenakan tampilan kuno.

Glassomorphism & Warna Terang

Seperti yang telah kita lihat, penggunaan warna terang dalam desain telah menjadi hal penting di tahun 2021. Musim dingin kali ini kami menginginkan pendekatan yang lebih lembut dengan garis halus, grafik, dan warna yang menyenangkan pada desain. Itulah sebabnya tampilan desain kaca menjadi semakin terkenal.

Glassomorphism adalah tren yang digunakan beberapa brand tertentu pada desain UI, tetapi sekarang menjadi lebih banyak digunakan. Kita membicarakan tentang desain yang dilapisi dengan lapisan dan panel seperti kaca. Warna yang digunakan dalam desain ini tampak pucat dan tembus pandang, dengan kontras yang minimal dan tepi yang lembut. Bisa dikatakan, bahwa keahlian yang disampaikan melalui penampilan ini seperti melihat melalui kaca. Dan ada hal yang hebat penampilan ini! Desainer menggunakan transparansi dan samar untuk menjelaskan informasi yang relevan dan mengkategorikan komponen desain glass-looking (tampak seperti kaca).

Ini berarti tidak perlu mengkhawatirkan tentang cara menyoroti sesuatu pada gambar yang terlihat! Warna dalam glassomorphism umumnya berwajah pucat dan hampir tidak ada kontras. Meskipun demikian, Anda dapat membedakan setiap bagian dari gambar karena penggunaan efek samar/kabur. Menyamarkan beberapa bagian atau elemen dalam desain dengan menempatkan satu informasi lainnya. Dan efeknya luar biasa!

Inilah cara yang sama sekali baru dalam membuat desain yang ajaib dan mengkilap yang memberikan informasi semulus kelihatannya. Tidak heran hal itu mencapai puncak tahun ini. Orang dengan mudah menyukai bagaimana tren yang mengkilap ini, di atas segalanya, menyegarkan dan manis.

Gradient & Lapisan

Dan tahun ini kami memanfaatkan gradien dalam desain disejuta cara baru. Apa yang bisa kita lakukan? Gradien warna sangat berguna! Gradien satu warna dan warna-warni telah lama dikenal dan digunakan untuk menciptakan transisi dan suasana yang menakjubkan. Dengan nada warna yang lebih lembut dan lebih kuat dan pergantian warna, anda benar-benar dapat memperkaya desain.

Saat ini kami mempunyai sesuatu yang bahkan lebih baik – gradien berlapis. Beberapa lapisan pada sebuah gambar dengan gradien warna (satu atau lebih) adalah tren yang telah terbukti hebat ditahun ini. Pertama, gradien itu sendiri dapat membuat hierarki pada gambar. Hal ini memberikan, di atas segalanya untuk dinamika desain. Menambahkan lapisan ke dalamnya, dan anda akan mendapatkan beberapa intensitas gambar!

Tidak hanya hasil yang luar biasa, gradient dan lapisan memberikan anda ruang untuk lebih mengeksplorasi kombinasi mereka yang hebat, dan banyak yang telah mencobanya. Jadi, dapat dikatakan bahwa gradien berlapis berjalan baik dengan beberapa jenis merek tertentu. Desain menunjukkan beragam alternatif. Apakah anda ingin memuji desain, desain cerah, dan desain mencolok? Apakah anda ingin transisi yang halus, bentuk mengambang, dan kontras yang rendah? Semuanya memungkinkan dengan Gradien Berlapis.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “Color design trends in UI design for winter 2021” oleh Broworks yang diterbitkan pada situs medium.com