Menulis merupakan metode paling mudah yang bisa digunakan pengajar untuk sebuah pembelajaran. Namun bagi sebagian siswa, menulis bukanlah hal yang mudah. Tapi sebenarnya apakah manfaat dari menulis dalam sebuah pembelajaran? Berikut beberapa manfaat menulis yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Menulis dapat membantu berpikir

Menurut ahli bahasa menulis membantu pikiran manusia mencapai potensi tertingginya. Dengan menulis, memungkinkan untuk mengkongkretkan ide abstrak dan menghubungkannya titik-titik melalui tulisan tersebut. Menulis juga memungkinkan penyimpanan eksternal dari informasi yang dapat, lalu direpresentasikan secara simbolis (misalnya, huruf, angka, kata, gambar rumus) dan yang kemudian dapat dianalisis, dikritik, direproduksi, dan diubah. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif siswa.

Memperkuat memori

Mengapa menulis efektif? Faktanya menulis tentang materi konten dalah memfasilitasi pembelajaran dengan memperkuat informasi dalam memori jangka panjang.  Informasi dapat dengan cepat dilupakan, untuk itulah menulis membantu memperkuat ingatan siswa tentang materi yang mereka pelajari.

Menulis tentang suatu topik juga mendorong siswa untuk memproses informasi pada tingkat yang lebih dalam. Menjawab pertanyaan pilihan ganda atau jawaban singkat dapat membantu mengingat faktual, tetapi meletakkan pemikiran di atas kertas mendorong siswa untuk mengevaluasi ide-ide yang berbeda, menimbang pentingnya masing-masing dan mempertimbangkan urutan mereka harus disajikan. Siswa dapat membuat hubungan baru antara ide-ide, yang mungkin tidak mereka buat ketika awalnya mempelajari informasi.

Menumbuhkan kemampuan untuk menjelaskan dan menyempurnakan ide kepada orang lain

Dalam mengekspresikan ide menulis adalah salah satu caranya. Sangat penting untuk bisa menjelaskan ide dengan jelas dan dapat dimengerti. Menulis juga dapat membantu  keterampilan berbicara dan komunikasi. Dalam pembelajaran biasanya pengajar banyak menugaskan penulisan sebuah esai. Penulisan esai ini dapat digunakan sebagai wadah untuk pemikiran kritis siswa dalam menjelaskan sebuah masalah dan menyimpulkan solusinya. Esai jugamendorong siswa untuk menilai argumen yang berbeda, dapat berpikir kritis, dan siswa belajar bagaimana mengamati perspektif dan pandangan yang berbeda

Sumber:

https://www.jjay.cuny.edu/how-use-writing-your-classes-improve-student-learning

5 Reasons Why Writing Skills Are So Important for Students

https://www.edutopia.org/article/why-students-should-write-all-subjects