Tahun 2021 ini, kita menyaksikan kebangkitan industri SaaS. Ada prediksi bahwa pada tahun 2021, 73% perusahaan akan memindahkan aplikasi mereka ke cloud. Akankah ramalan ini berhasil? Kita akan melihat. Namun demikian, ide untuk memulai perusahaan SaaS tampaknya sangat menarik. Berikut 10 startup SaaS yang menginspirasi di tahun 2021 ini.

01. Orders.co
Pengiriman makanan sudah sangat umum di Amerika, setidaknya mencapai 60%. Orders.co adalah startup SaaS yang tahu bagaimana membantu restoran mendapatkan keuntungan dari tren ini.

Orders.co mengintegrasikan layanan pengiriman terkenal ke dalam sistem yang luas. Pemilik restoran mendapatkan kesempatan untuk mengelola semua menu dan pesanan dari satu perangkat. Ini juga memungkinkan mereka untuk membuat situs pemesanan cerdas dalam waktu singkat.

Orders.co tampaknya merupakan startup hebat yang menangkap ide tepat waktu dan mewujudkannya. Misinya adalah membantu restoran tetap relevan di lingkungan baru.

02. Working Den
Saat ini banyak perusahaan beralih ke pekerjaan remote. Tampaknya banyak karyawan lebih dari senang dengan cara kerja ini. Dengan demikian, 98% orang akan bersemangat bekerja dari jarak jauh selama sisa karir mereka. Untuk kategori karyawan ini, menjaga kebugaran dan menjaga kesehatan mental sangat penting. Untungnya, SaaS startup Working Den menjanjikan membantu mereka mengatasi hal tersebut.

Startup ini menawarkan solusi kompleks yang membantu menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Secara khusus, ia memiliki alat untuk melindungi penglihatan Anda, mencegah penyakit kronis, dan mengurangi tingkat stres.

Fungsionalitas yang luas dan tujuan mulia untuk membantu orang meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka menjadikan Working Den salah satu startup terbaik di kategorinya.

03. Virtually
Saat ini, e-learning dianggap sebagai alternatif yang layak untuk pendidikan tradisional. Virtually adalah platform yang dirancang untuk membuat pembelajaran online nyaman secara maksimal. Platform ini menawarkan management tools siswa yang berbeda, beberapa opsi chat, dan pemrosesan pembayaran yang disederhanakan. Selain itu, Anda dapat menemukan program online yang sesuai dengan selera apa pun di sana.

Perlu dicatat bahwa Virtually memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka. Pelanggan perusahaan mendapatkan kesempatan untuk memberi white-labelling pada pengalaman pengguna dengan skema warna, domain kustom, dan branding.

Virtually telah mendapatkan $125.000 melalui investasi awal.

04. ClickUp
Startup SaaS yang bertujuan membantu bisnis untuk mengoptimalkan kerja tim mereka sedang meningkat sekarang. ClickUp adalah salah satunya. Platform ini terdiri dari beberapa alat yang menyederhanakan proses kolaborasi. Fungsionalitasnya mencakup pelacakan waktu, status khusus, dokumen, wiki, dll.

Selain itu, platform ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan layanan produktivitas terkenal seperti Slack, GitHub, Figma, dan Google Drive.

Solusinya terkenal karena multi-tasking dan pengalaman pengguna yang luar biasa yang menjadikan ClickUp salah satu startup paling menonjol di kategorinya. Ini telah berhasil menerima $ 37,5 juta melalui investasi awal.

05. Funnel
Butuh bantuan dalam menjalankan kampanye pemasaran Anda? Dalam hal ini, Funnel pasti layak untuk dilihat. Dengan platform ini, Anda akan dapat melacak konversi dan merampingkan kampanye promosi Anda dengan lebih mudah. Solusinya terkenal dengan integrasinya yang mulus dengan Google Analytics, Slack, Quora Ads, Facebook Pixel, dan LinkedIn Ads.

Selain itu, Funnel memungkinkan Anda membuat visualisasi corong. Dengan demikian, Anda akan dapat meningkatkan perjalanan pelanggan Anda dan meningkatkan tingkat konversi dalam waktu singkat.

Solusi pemasaran yang menjanjikan ini telah mengumpulkan $75.000 melalui investasi awal.

06. Qobra
Komisi bisa sangat merepotkan jika Anda mengelolanya di spreadsheet. Untungnya sekarang kami memiliki solusi yang dapat mengotomatiskan perhitungan komisi penjualan. Startup SaaS bernama Qobra memberi Anda kesempatan seperti itu. Dengan bantuannya, Anda dapat menyinkronkan data komisi Anda secara real-time, mengelola perselisihan, dan mengontrol workflow persetujuan.

Dalam hal fungsionalitas platform, kami harus menyebutkan dasbor penghargaan pribadi, alat manajemen sengketa, dan alur kerja persetujuan sebagai fitur utama.

Qobra adalah solusi sempurna untuk perencanaan strategis. Ini memungkinkan Anda untuk memprediksi pendapatan masa depan berdasarkan rencana kompensasi.

Hingga hari ini, Qobra berhasil mendapatkan investasi awal sebesar €100.000.

07. RightBound
Biasanya, tim penjualan terpecah di antara beberapa aplikasi untuk mengoptimalkan proses pengembangan penjualan. Fakta itu mendorong permintaan akan solusi lengkap yang membantu menganalisis dan meningkatkan kinerja. Contoh klasik dari platform tersebut adalah RightBound. RightBound dirancang untuk menangani rutinitas pencarian calon pelanggan yang berulang termasuk pelacakan irama, pembuatan daftar, dan penelitian akun.

RightBound memberi tim penjualan seperangkat alat khusus yang membantu mengoptimalkan pekerjaan mereka. Misalnya, spesialis penjualan menerima pemberitahuan waktu nyata terkait dengan tahap keterlibatan prospek atau informasi pelanggan sebelumnya.

RightBound ternyata sangat berharga bagi tim pengembangan penjualan, dan telah mendapatkan $3,1 juta melalui investasi awal.

08. Yac
Dalam menghadapi pekerjaan jarak jauh, mengadakan rapat harian menjadi tugas yang cukup menantang. Jadi, Anda harus menemukan cara baru yang lebih nyaman untuk berkolaborasi dengan tim Anda. Misalnya, Anda dapat mengganti rapat dengan pesan suara asinkron. Dalam hal ini, platform Yac sangat berguna. Layanan ini memungkinkan memperpendek panggilan dengan pesan suara. Selain itu, fungsinya yang beragam termasuk berbagi layar, perpesanan grup, dan tautan berbagi publik.

Selain itu, ada transkripsi audio yang dapat dicari yang membantu Anda menemukan pesan yang diperlukan dengan cepat dan mudah.

Sistem komprehensif untuk komunikasi suara tim ini telah berhasil mendapatkan $2 juta melalui investasi awal.

09. OpenSea
Bukan rahasia lagi bahwa pasar game saat ini sedang booming, dan penelitian terbaru membuktikannya. Oleh karena itu, pengguna memerlukan media khusus di mana mereka dapat membeli dan menjual berbagai aset kripto, seperti item game atau nama domain. OpenSea menjadi pasar pertama dan terbesar untuk barang digital.

OpenSea berkembang pesat dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Saat ini, platform berisi lebih dari 12 juta item dan 700.000 jenis aset.

Berkat ide produk yang unik dan eksekusi yang sukses, startup ini mendapatkan $4,2 juta.

10. Proudly
Startup SaaS terakhir yang ingin saya bahas adalah Prodly. Hal ini bertujuan untuk membantu pengembang membangun dan meluncurkan aplikasi lebih cepat dan lebih mudah. Perusahaan menciptakan platform bernama AppOpps yang mengotomatiskan pengembangan kode rendah. Akibatnya, non-pengembang mendapatkan kesempatan untuk mengonfigurasi aplikasi dan menghapus titik tersedak. Dengan cara ini, aplikasi menjadi lebih gesit dan hemat biaya.

Prodly dianggap sebagai salah satu startup SaaS yang luar biasa pada tahun 2021. Prodly telah mendapatkan $7 juta melalui investasi awal.

Source: https://medium.com/codica/10-top-saas-startups-to-inspire-you-in-2021-2f6333025ddb

Photo from Unsplash by Microsoft365