TranslatePress adalah salah satu plugin WordPress yang dapat digunakan untuk membuat website multibahasa. TranslatePress tersedia dalam versi Free dan Pro. Sebenarnya plugin untuk membuat website multibahasa banyak pilihannya seperti WPML, Polylang, WPGlobus, dan lain sebagainya. Selain menggunakan plugin, website multibahasa juga dapat dibuat dengan menggunakan fitur multisite WordPress. Kalian bisa melihat alternatif-alternatif yang dapat digunakan pada WordPress untuk membuat website multibahasa disini:

Multilingual WordPress

Saya akan bahas fitur-fitur dari TranslatePress yang sudah saya gunakan saja pada website multibahasa yang sudah pernah saya buat sebelumnya.

01. Mudah Digunakan
Pertimbangan pertama menggunakan TranslatePress adalah karena mudah sekali digunakan. Mulai dari setup multibahasa nya sampai penggunaan fitur translatenya.

Bisa dilihat pada gambar, kita dapat mengatur bahasa-bahasa yang akan digunakan dengan mudah. Kita juga dapat menentukan “slug” URL yang akan digunakan tiap-tiap bahasa. Terdapat 221 bahasa yang dapat kalian gunakan di TranslatePress.

02. Tampilan Sederhana
Yang kedua adalah karena tampilannya sangat sederhan. Ini yang membuat TranslatePress sangat mudah untuk digunakan ketika melakukan translate bahasanya.

Bisa dilihat TranslatePress menggunakan fitur Customizer bawaan WordPress sehingga selain bisa melihat hasilnya langsung (live edit), juga dapat memilih areanya langsung untuk ditranslate.

03. Translate Keseluruhan Halaman
TranslatePress dapat digunakan untuk mentranslate seluruh halaman yang ada di website kita termasuk gambar. Ini juga yang saya suka dari TranslatePress yaitu kita bisa menentukan setiap gambar yang digunakan pada tiap bahasa. Ini sangat berguna jika gambar yang kita upload terdapat text atau tulisan dari suatu bahasa.

04. Shortcode
Untuk integrasi ke dalam theme kita, TranslatePress menyediakan fitur shortcode yang dapat kita gunakan dengan beberapa pilihan layout.

05. Integrasi dengan Elementor Pro
Yang terakhir adalah dapat digunakan bersamaan dengan plugin Elementor Pro dan tidak ada kendala sama sekali.

Itulah fitur-fitur yang sudah saya gunakan pada TranslatePress dan itu sudah sangat cukup untuk membuat website multibahasa di projek sebelumnya. Sebenarnya fitur dari TranslatePress lebih dari itu seperti Auto Translation, Editorial Control, SEO Friendly dan lain-lain, kalian bisa cek di website resminya langsung. https://translatepress.com/

Namun ada juga hal yang perlu dipertimbangkan terkait struktur tabel database dari TranslatePress ini. Karena setiap kata atau kalimat yang ditranslate akan membuat satu row baru di database sehingga semakin banyak kata atau kalimat yang di translate akan semakin banyak pula data translate yang disimpan di database yang mana akan berefek jangka panjang jika data translatenya sudah sangat banyak sekali.

Itu saja yang dapat saya bahas. Semoga bermanfaat.

Featured image from Unsplash by JACQUELINE BRANDWAYN