Setiap tahun, galeri gambar Shutterstock meluncurkan laporan terkait tren warna, mengidentifikasi warna paling populer saat ini, berdasarkan unduhan dari layanannya di seluruh dunia. Tahun ini, bagaimanapun, itu menaikkan taruhan. Dalam laporan baru tahun ini, Shutterstock telah mengidentifikasi warna dengan kinerja tertinggi di seluruh media secara umum: yaitu warna yang menghasilkan rasio klik-tayang dan konversi terbesar dalam upaya pemasaran dan periklanan.

Shutterstock.AI, anak perusahaan baru yang diluncurkan oleh perusahaan pada bulan Juli ini, yang telah menggunakan miliaran titik data kreatif, selama bertahun-tahun dari iklan digital, dengan tujuan mengidentifikasi skema warna yang paling dapat diklik. Dan pemenangnya adalah… hijau.

“Data di tahun ini menunjukkan bahwa warna hijau mendominasi rasio klik-tayang dan konversi,” kata Shutterstock. “jika anda ingin proyek anda tampak profesional, pertimbangkan untuk menambahkan sentuhan emerald (zamrud), jade (giok), lime (jeruk limau), mint, dan lainnya.”

Jangan lewatkan panduan teori warna kami agar mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan seni warna.

3 warna teratas tahun 2022

Secara luas, laporan di tahun ini menyatakan bahwa pembuat konten mengambil pendekatan yang lebih tenang, minimalis, dan lembut pada palet warna. Dan itu merupakan tanggapan langsung terhadap dunia yang terguncang oleh pandemi, kata Flo Lau, direktur kreatif di Shutterstock.

“Tahun 2021 merupakan tahun perhitungan setelah tahun itu,” katanya. “Saat ini, label dan agensi di seluruh dunia mengadaptasi palet mereka yang menenangkan, dan membangkitkan stabilitas dan keseimbangan.” Berdasarkan analisis dari hampir dua juta kontributor platform Shutterstock, dia menyatakan bahwa “orang mencari gaya yang alami, normal, dan menenangkan.”

Laporan memperkirakan 3 warna teratas tahun 2022 adalah sebagai berikut.

01. Calming Coral (#E9967A)

Calming Coral dideskripsikan dalam laporan sebagai “persik yang memudar, seperti warna yang tersaring di atas terbenamnya matahari yang indah; [Calming coral] membangkitkan warna pedesaan yang lebih lembut dibandingkan dengan warna yang lebih cerah dan lebih bersih di masa lalu.” Shutterstock menyarankan untuk menggabungkan dengan Dusty Yellow (kuning debu) dan Pink untuk warna nostalgia, atau “mengkontraskan dengan biru langit untuk melengkapi palet alami yang nyaman”.

02. Velvet Violet (#800080)

Velvet Violet digambarkan oleh Shutterstock sebagai “warna ungu cerah dengan nada merah muda, mengingatkan pada kemewahan dan keanggunan anggrek”. Laporan tersebut menyatakan bahwa “warna paling berani dari tren tahun 2022, menarik perhatian tanpa mencolok. Pelengkap alaminya adalah warna hijau yang kontras, seperti emerald (zamrud)”.

03. Pacific Pink (#DB7093)

Pacific Pink adalah sebuah corak yang di-identifikasi dalam laporan tren warna sebagai “cotton candy pink (permen arum manis merah muda) yang mewakili perpaduan sempurna antara vitalitas dan ketenangan”. Shutterstock menyarankan untuk menghubungkannya dengan “nada/warna pink dan peachy (atau) menerapkannya untuk saling melengkapi pada warna light teal (hijau laut/campuran hijau & biru/hijau kebiruan gelap), untuk membangkitkan suasana matahari terbenam di atas pantai Pasifik yang berkilauan”.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “Revealed: the colour that’s most likely to engage people online” oleh Tom May yang diterbitkan pada situs creativebloq.com