Terdapat banyak pilihan strategi pemasaran yang dapat digunakan dalam mempromosikan brand awereness, value, hingga meningkatkan penjualan produk. Namun pada era digital ini, konsep promosi atau pemasaran yang paling gencar adalah membuat promosi melalui media digital, salah satunya melalui microsite.

Namun, apa itu microsite? Microsite sendiri ialah sebuah mini website yang ditujukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebut saja di BINUS, belum lama ini BINUS mengadakan pengenalan GEO-AI Lab (https://socs.binus.ac.id/geo-ai). BINUS menggunakan sebuah microsite untuk mengenalkan lab terbarunya. Mengapa? Karena microsite sangat mudah diakses, cukup dengan koneksi internet, saat anda mengunjungi link tersebut, anda sudah bisa mendapatkan informasi.

Menyadari pentingnya sebuah microsite, Tim Digital-Media Development membuat sebuah sistem microsite generator yang diberi nama Mikrospace. Mikrospace sendiri sebelumnya dikenal dengan nama Beeilder. Mikrospace dibuat oleh developer terkemuka dari DMD BINUS, yang telah berpengalaman kurang lebih 10 tahun di BINUS.

Mengapa akhirnya penting untuk membuat microsite? Banyaknya program dan unit di BINUS, dengan beragam kebutuhan yang dimiliki, membuat permintaan microsite di BINUS melonjak. Tidak jarang permintaan tersebut diajukan dalam tenggat waktu yang berdekatan sehingga dirasa perlu adanya sebuah microsite generator yang di mana dapat digunakan untuk kepentingan yayasan.

Mikrospace pertama kali dibuat pada tahun 2016, merupakan sebuah pembuat platform pembuat microsite secara ekspres dan mandiri. Pada tahun 2016, mikrospace merupakan sistem yang awalnya hanya dapat digunakan oleh internal DMD. Selanjutnya Mikrospace terus melakukan pengembangan, hingga pada saat ini. Mikrospace telah mendukung kebutuhan BINUS selama 5 tahun. Mulai dari tahun 2017 sampai dengan saat ini, Mikrospace mulai dapat digunakan oleh BINUSIAN secara luas. Cukup banyak kontribusi yang telah diberikan oleh Mikrospace. Terhitung dari tahun 2016 – 2021, Mikrospace telah membantu jurusan dan unit di BINUS membuat 78 microsite dan akan terus bertambah.

Mikrospace, pada tahun 2016 lalu berhasil masuk ke 15 besar Innovation Award. Kemudian, baru saja, pada 10 Desember lalu, Mikrospace menjadi pemenang di Continuous Innovation yang diadakan oleh Knowledge Management and Innovation BINUS University. Pencapaian tersebut didapatkan karena Mikrospace berhasil konsisten berkontribusi sejak awal dibuat sampai dengan hari ini.