Rencanakan penggunaan warna anda

Hindari atau batasi warna putih pada warna hitam alami. Anda dapat menggunakan hitam murni (#000) sebagai latar belakang untuk mode gelap, tetapi pastikan anda sedikit meredupkan teks. Sehingga tidak menyebabkan mata berdarah karena kontras yang tinggi. Putih alami membuat mata kita menyerap lebih banyak cahaya. Ketika ini terjadi, font dapat menyatu dengan latar belakang dan menyebabkan teks menjadi buram, terutama pada model monitor versi lama.

Beri label pada warna gelap anda

Untuk membuat mode gelap anda lebih unik, gunakan versi yang jauh lebih gelap dari warna label utama anda sebagai permukaannya. Padukan dengan font berwarna agar terlihat lebih istimewa. Menggabungkan warna permukaan anda dengan font berwarna adalah pilihan yang sangat bagus untuk menciptakan pengalaman mode gelap berlabel. Menggunakan gradasi hitam dan putih saja pun bagus. Pastikan untuk membuat teks anda mudah dibaca alih-alih menjadi mewah tanpa alasan.

Kurangi saturasi warna

Hindari warna yang sepenuhnya tersaturasi dalam mode gelap. Saturasi tinggi memiliki efek visual “goyangan” bila dilihat pada permukaan yang lebih gelap. Sebagai gantinya, gunakan saturasi rendah atau versi warna primer anda yang sedikit diredam untuk performa terbaik.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “Dark Mode UI Best Practices” oleh Buninux yang diterbitkan pada situs medium.com