Pengantar

Apa sebenarnya mode gelap?

Mode gelap adalah tema warna ramah saat malam yang terutama berfokus pada penggunaan warna redup/abu-abu untuk elemen permukaan dan UI. Warna lebih gelap memantulkan cahaya lebih sedikit sehingga tetap memberikan pengalaman membaca yang luar biasa. Semua ini berkat kontras yang tinggi antara elemen tajam dan permukaan halus. Sebagai pola desain, mode gelap biasanya hidup pada batasan umum pengguna sebagai pemicu. Mode gelap dirancang untuk melengkapi tema default (atau terang) sistem. Berkat motivasi yang tinggi, mode gelap menjadi sangat populer, membuat konten latar depan menonjol dibandingkan latar belakang berbayang. Tapi selain mewah, apa saja keistimewaannya?

Keistimewaan mode gelap

Tema gelap adalah langkah pemasaran yang baik untuk membuat UI anda menonjol di antara merek atau produk yang serupa. Latar belakang yang dalam dan berat dapat menjadi tambahan yang sempurna untuk visual brand anda. Mode gelap sebagai fitur, dapat membantu mengurangi ketegangan mata saat mengoperasikan produk anda. Terutama jika produk anda sarat dengan teks, mode gelap bisa membantu meningkatkan retensi dan fokus pengguna. Mode gelap berpotensi menghemat energi ponsel anda. Terbukti bahwa mode gelap menghabiskan enam kali lebih sedikit daya pada layar dengan memancarkan lebih sedikit cahaya dan, sebagai hasilnya, dapat memperpanjang masa pakai dan waktu penggunaan aplikasi anda.

Harap dicatat, bahwa konsumsi energi sebagian besar tergantung pada jenis ponsel anda dan bukan warna ponsel. Jadi, jika anda ingin mengukur efisiensi kehematan baterai pada mode gelap — tinjau panduan pengembang untuk jenis dan layar ponsel tertentu. Para ahli mode gelap mengatakan lebih sehat untuk membaca di permukaan yang gelap, sementara penelitian lain sampai pada kesimpulan yang berlawanan. Tapi menurut saya, mode gelap hanyalah tren yang terlihat ramping dan secara teori dapat membuat brand anda lebih nyaman. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah langkah terbaik untuk membantu membangun UI mode gelap anda.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “Dark Mode UI Best Practices” oleh Buninux yang diterbitkan pada situs medium.com