Beranjak ke dua tahun lalu, sebelum pandemi melanda. Sebagian besar kantor mengharuskan pegawainya datang ke kantor untuk bekerja. Namun datangnya pandemi cukup banyak merubah norma yang ada di masyarakat. Bekerja tidak berarti datang ke kantor.


Di 2020 lalu, pemerintah Indonesia mengharuskan semua kantor memberlakukan WFH (Work From Home) demi mencegah menyebarnya pandemi. Seluruh bagian dari perusahaan, mulai dari manajemen atas hingga staff harus bersiap dengan cara kerja remote. Di akhir 2021 ini, telah banyak kantor yang meminta staffnya melakukan kerja dari kantor dan juga pemberlakuan hybrid working. Saat ini hybrid working sendiri mendapat perhatian dari banyak perusahaan teknologi.

Telah terjadi perubahan di dua tahun belakangan ini terkait cara kerja. Kedepannya, perusahaan-perusahaan teknologi tentu terus mengembangkan idenya demi mendukung kegiatan kerja remote. Kerja remote dinilai meningkatkan efektivitas kerja sebanyak 60% namun tidak dipungkiri bahwa pertemuan fisik juga diperlukan dalam bekerja. Sehingga perusahaan teknologi seperti Metaverse, Google, dan Microsoft terus berlomba menemukan teknologi terbaik yang ideal. Cara kerja yang dapat memberikan kolaborasi antara kerja remote namun tetap merasakan kehadiran fisik rekan lainnya. Mereka berlomba menemukan cara terbaik untuk terlaksananya hybrid working.

Hybrid working dinilai penting karena dipelaksanaannya, kita dapat merasakan sense of presence, memperlihatkan kehadiran secara fisik, more accessible, melakukan lebih banyak social life, dan meningkatkan performa kerja.

Metaverse sendiri dalam video terbarunya yang berjudul “Everything Facebook revealed about the Metaverse in 11 minutes” mengatakan bahwa kedepannya akan mungkin kehadiran kita dapat digantikan dengan sebuah hologram, sehingga dimanapun rekan kita berada, kita tetap dapat terkoneksi secara holo-presence. Kira-kira apakah sistem kerja hybrid dengan holo-presence ini akan benar terwujud? Mari kita tunggu.

Reference
Everything Facebook revealed about the Metaverse in 11 minutes