Belajar coding adalah keterampilan baru yang populer akhir-akhir ini. Sangat banyak permintaan bahkan sekolah menengah telah menambahkan pemrograman dalam kurikulum mereka. Pemrograman dan coding sering digunakan secara bergantian tetapi keduanya adalah hal yang berbeda. Dengan setiap pekerjaan didigitalkan & menjadi cerdas dan otomasi dengan teknologi AI, belajar kode benar-benar menjadi kebutuhan di era teknologi sekarang ini. Bahkan lowongan kerja di bidang teknologi pun semakin meningkat dan ini adalah kesempatan. Lalu bagaimana cara belajar programming nya?

Belajar dasar-dasar programming
Tidak berbeda dengan aktivitas lain, di programming pun kita perlu mulai dari dasarnya dulu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bahasa programming nya. Beberapa sumber menyarankan untuk menggunakan Phyton sebagai bahasa awal kita belajar. Namun kita tetap bisa memilih bahasa lain untuk tahap awal belajar. Seperti misalnya kalau kita tertarik untuk membuat aplikasi Android, maka kita akan belajar bahasa JAVA atau Kotlin. Jadi minat kamu untuk belajar programming juga perlu ya.

Untuk pembelajarannya sendiri kita bisa belajar melalui interaktif website seperti CodeAcademy dan Freecodecamp yang tentunya juga gratis atau kita bisa belajar melalui video tutorial dari Youtube atau Hackr.io.

Focus belajar dasar-dasar programming
Setelah kita memilih bahasa programming nya, sekarang waktu nya untuk coding. Biasanya dasar-dasar programming akan membahas beberapa topik berikut:

  1. Tipe Data
  2. Variabel
  3. Functions
  4. Array atau List
  5. If statement
  6. Conditional loops atau perulangan
  7. Class dan objek
  8. Exception handling
  9. Trees, maps, and more.

Perlu diingat, dalam belajar hal apapun tidak ada shortcut. Jadi kita perlu mempelajari hal-hal diatas agar ke depannya bisa lebih mudah.

Membuat proyek pertama kita
Setelah belajar hal-hal dasar, langkah selanjutnya agar kita menjadi lebih expert dalam hal programming adalah membuat sebuah proyek. Membuat sebuah proyek dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih detail dan tentunya agar bisa memahami pemakaian konsep dari hal-hal dasar yang kita pelajari sebelumnya. Proyek tersebut juga bisa kita jadikan sebuah portofolio kita.

Tips untuk membuat proyek pertama biasanya pilihlah sebuah proyek yang sederhana, atau yang menarik bagi kita, atau juga yang berguna untuk kita dan komunitas agar lebih semangat dalam membuatnya.

Merasa buntu saat membuat proyek?
Merasa buntu dalam membuat proyek adalah hal biasa yang ditemukan oleh para programmer pemula. Jika kita merasa buntu, ada baiknya kita perlu bertanya kepada komunitas terkait. Bisa melalui Google, forum programming atau bisa saat meetup dengan programmer lain. Jangan takut untuk bertanya, karena programmer yang sudah expert pun belum tentu selalu mulus dalam membuat sebuah proyek. Ada kalanya merasa buntu dan harus bertanya kepada programmer lain.

So, happy coding 🙂

Source: https://hackr.io/blog/how-to-learn-programming

Photo from Unsplash by Kevin Ku