Tidak dapat dipungkiri, bekerja kadang dapat menyebabkan rasa lelah, bosan, atau memiliki gangguan ditengahnya. Tidak jarang dalam bekerja, kita ter-distract oleh hal lain, misalnya sosial media. Awalnya berencana untuk mengecek notifikasi saja, lalu berujung dengan membuka aplikasi berjam-jam. Terutama saat kita melakukan WFH (Work From Home) di mana kita bebas melakukan aktivitas apa saja tanpa dilihat orang lain.

Hal tersebut menyebabkan produktivitas kita dalam bekerja menurun. Pasalnya, kita harus terus produktif dalam bekerja demi memberikan hasil terbaik bagi kita sendiri maupun perusahaan. Namun, hal yang harus kita sadari, demi meningkatkan produktivitas dalam bekerja, semuanya kembali ke diri kita sendiri. Apakah kita mau mencoba atau tetap menganggap produktivitas dalam bekerja sebagai hal sepele.

Berikut ada 5 tips untuk meningkatkan Produktivitas Bekerja Anda:

1. Sebelum Tidur, Ingat Kembali

Coba renungkan kembali, sebelum anda memejamkan mata. Apa saja yang telah anda kerjakan hari ini, berapa banyak task yang telah anda selesaikan dalam hari ini, apa yang belum selesai dan harus dilanjutkan, kemudian menanamkan kembali dalam pikiran anda apa yang harus dikerjakan di esok hari. Hal tersebut akan membuat tidur anda lebih nyenyak dan juga membantu otak anda merangkum apa yang harus dikerjakan di esok hari.

2. Membuat to-do list harian

six white sticky notes

Sebelum anda memulai pekerjaan anda, sisakan waktu 15 menit untuk menuangkan apa yang telah otak anda rangkum di malam hari ke dalam to do list pekerjaan hari ini. Coba urutkan to-do list dari pekerjaan yang paling mudah sampai dengan yang paling sulit. Coba ukur dalam satu hari kiranya berapa banyak pekerjaan yang dapat anda selesaikan. Sebaiknya jangan membuat to do list yang terlalu panjang, buat perkiraan berapa banyak list yang dapat anda selesaikan. Coba konsisten untuk selalu menanamkan kepada diri anda untuk menyelesaikan to do list dalam satu hari tersebut.

3. Minimalisir Gangguan

Tentunya dalam bekerja, di sekitar kita akan terdapat gangguan yang dapat menyebabkan produktivitas kerja kita menurun. Sebut saja sosial media, rasanya sulit mengabaikan notifikasi yang datang di handphone kita. Pasalnya, setelah membuka notifikasi kita mungkin saja terjebak dengan percakapan panjang di WhatsApp atau scroll Instagram terus-terusan. Sehingga kita tidak sadar bahwa kita telah menghabiskan waktu berjam-jam meninggalkan pekerjaan kita.

4. Sarapan dan makan siang

Tentunya jangan lupa untuk mengisi energi ketika bekerja. Karena rasa lapar juga dapat menghambat rasa konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Jadi pastikan sebelum anda mulai bekerja, lakukan sarapan di pagi hari dan makan siang secukupnya di siang hari. Pasalnya, bekerja juga merupakan hal yang menyerap energi kita.

5. Catat dan Evaluasi

Nah, saat jam usai kerja tiba dan kita siap untuk menutup laptop atau komputer kita, catat apa saja yang telah kita lakukan hari ini. Catat pekerjaan apa saja yang berhasil kita selesaikan. Apabila ada task yang belum selesai, silakan analisa kembali apa hambatan dalam hal tersebut dan lanjutkan di esok hari. Jadikan evaluasi, mengapa hal tersebut memakan waktu dan cari solusinya.

Itulah 5 Kiat Meningkatkan Produktivitas Dalam Bekerja. Lalu jangan lupa berdoa ya sebelum dan sesudah selesai bekerja.