Konsep pendidikan tradisional telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Hadir secara fisik di ruang kelas bukan satu-satunya pilihan belajar lagi, sejak munculnya internet dan teknologi baru, membuat akses ke pendidikan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan secara online. Dan saat ini kita memasuki era  revolusi pendidikan online.

Fleksibel

Fleksibilitas pendidikan dalam online learning menciptakan lingkungan belajar online  yang sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri. Fleksibilitas ini membantu siswa dan guru untuk dapat terhubung dan belajar. Pendidikan online memungkinkan guru dan siswa untuk mengatur kecepatan belajar mereka sendiri, dan ada fleksibilitas tambahan untuk mengatur jadwal yang sesuai dengan agenda semua orang. Akibatnya, menggunakan platform pendidikan online memungkinkan keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan studi, jadi tidak perlu mengorbankan apa pun. Belajar online mengajarkan keterampilan manajemen waktu yang penting, yang membuat menemukan keseimbangan kerja-belajar yang baik lebih mudah.

Online learning menawarkan pengalaman belajar yang disesuaikan

Pendidikan online fleksibel untuk kebutuhan individu dan tingkat kemampuan setiap siswa. Kelas online cenderung lebih kecil dari ukuran kelas konvensional. Sebagian besar waktu, platform pembelajaran online hanya mengizinkan satu siswa pada satu waktu, dan di hampir semua kasus, ini memungkinkan interaksi yang lebih besar dan lebih banyak umpan balik antara pengajar dan siswa.

Seringkali ada akses ke materi yang sangat beragam seperti video, foto, dan eBook online juga, dan tutor juga dapat mengintegrasikan format lain seperti forum atau diskusi untuk meningkatkan pelajaran mereka. Dan konten tambahan ini tersedia kapan saja dari mana saja, yang akan menawarkan pendidikan yang lebih dinamis dan dibuat khusus.

Menawarkan berbagai pilihan program

Di ruang seluas dan seluas internet, ada keterampilan dan mata pelajaran yang tak terbatas untuk diajarkan dan dipelajari. Semakin banyak universitas dan sekolah pendidikan tinggi yang menawarkan versi online dari program mereka untuk berbagai tingkat dan disiplin ilmu. Dari komposisi musik hingga fisika kuantum, ada pilihan untuk setiap jenis siswa. Mempelajari program Anda secara online juga merupakan pilihan yang bagus untuk mendapatkan sertifikat, diploma, atau gelar resmi tanpa secara fisik menginjakkan kaki di kampus universitas.

Mudah diakses

Pendidikan online memungkinkan  untuk belajar atau mengajar dari mana saja di dunia. Ini berarti tidak perlu bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain, atau mengikuti jadwal yang kaku. Selain itu, Anda tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga menghemat uang, yang dapat digunakan untuk prioritas lain. Ruang kelas virtual juga tersedia di mana saja selama ada koneksi internet, dan cara yang baik untuk memanfaatkannya adalah dengan bepergian. Misalnya, jika Anda belajar di luar negeri dan ingin mendapatkan pekerjaan, pendidikan online adalah pilihan yang tepat. Tidak ada alasan untuk menyerah bekerja atau belajar sambil menjelajahi tempat-tempat baru dan eksotis.

Ini lebih hemat biaya daripada pendidikan tradisional

Tidak seperti metode pendidikan tatap muka, pendidikan online lebih terjangkau. Tersedia juga berbagai pilihan pembayaran yang memungkinkan membayar dengan mencicil atau per kelas. Hal ini memungkinkan pengelolaan anggaran yang lebih baik. Banyak juga  diskon atau beasiswa, sehingga harganya cenderung tidak tinggi. Dapat menghemat uang untuk ongkos dari perjalanan, yang seringkali tersedia secara gratis.

Sumber :

https://educationonline.ku.edu/community/teaching-online-is-the-future-of-education

https://www.educations.com/articles-and-advice/5-reasons-online-learning-is-future-of-education-17146