Ketika Instagram menjadi jejaring sosial yang paling sering diakses di Amerika Serikat, brand mau tidak mau harus memiliki media sosial di Instagram. Tidak cukup hanya membuat profil untuk brand mereka. Kehadiran brand di platform harus memiliki tujuan dan memberikan nilai bisnis.

Agar Instagram berfungsi menjalankan bisnis, beberapa praktik terbaik dapat dilakukan untuk membantu dikenal. Dalam praktik ini melibatkan langkah-langkah untuk menumbuhkan visibilitas merek di platform, mendapatkan pengikut baru, dan mendorong keterlibatan audiens.

Dalam artikel ini, ada beberapa praktik terbaik Instagram yang dapat membantu dalam membangun audiens.

Mempertahankan Feed berkualitas secara konsisten

Ketika berada di Instagram, tampilan visual menjadi segalanya. Dibutuhkan gambar dan video berkualitas tinggi yang menonjol dan dapat langsung menarik audiens.

Memanfaatkan warna dan filter dengan cerdas sehingga gambar tidak hanya terlihat bagus tetapi juga memberikan tampilan dan nuansa yang konsisten ke seluruh halaman Instagram. Idealnya, tetap berpegang pada kombinasi warna dan gaya visual yang sesuai dengan persona merek Anda.

Melakukan Perubahan dan Pembaruan Instagram

Instagram terus berkembang yang berarti brand harus selalu mengikuti tren dan fitur terbaru. Hal ini akan memberi pandangan ke depan untuk memanfaatkan perubahan dan pembaruan di antara pesaing.

Platform Instagram telah menambahkan opsi konten populer seperti Stories dan IGTV untuk memperkenalkan fitur seperti Reels dan Instagram Shopping, yang dapat digunakan brand dalam melibatkan audiens mereka atau mendorong perubahan toko. Selain itu Instagram juga telah meningkatkan fitur yang ada untuk memperkenalkan tren seperti filter Augmented Reality ke Instagram Stories. Brand bahkan dapat membuat filter AR khusus untuk mempromosikan keterlibatan audiens dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik.

Dengan mengikuti pembaruan akan memungkinkan dalam memanfaatkan sesegara mungkin dan menemukan cara baru untuk melibatkan audiens.

Memperhatikan apa yang dibutuhkan audiens.

Memperhatikan apa yang dibutuhkan audiens bahkan ketika mereka tidak secara eksplisit mengungkapkan pemikiran mereka, perilaku dan tindakan audiens dapat memberi tahu banyak hal tentang apa yang ingin mereka lihat. Gunakan pengetahuan analitik media sosial dalam mencari tahu jenis konten yang mereka sukai dalam berinteraksi.

Dalam sebuah penelitian ditemukan terputusnya saluran informasi antara apa yang konsumen dan pemasar pikirkan yang bisa membuat brand semakin baik di kelas sosialnya. Prioritas utama konsumen adalah layanan (47%) diikuti dengan konten yang menarik (46%) dan transparansi (44%). Semua harus dilakukan berdasarkan data, jangan hanya menebak tentang brand voice atau konten apa yang menarik bagi pelanggan, pastikan keluar dari bias secara personal dan dalam memahami apa yang menjadi kepeduliaan pelanggan.

Wawasan sosial dapat membantu dalam menjawab pertanyaan seperti : Format konten seperti apa yang paling banyak memberikan interaksi? Pendekatan seperti apa yang paling berhasil untuk membuat audiens memberikan komentarnya? Apakah membantu jika memasukkan pertanyaan pada captions?

Dalam membantu pertanyaan tersebut dan pertanyaan lain yang membantu terhubung dengan audiens akan membantu dalam menemukan beberapa ide untuk postingan yang menarik yang dapat digunakan di kalender konten. Sesuaikan strategi konten Instagram dengan memberikan apa yang ingin mereka lihat kepada audiens dan calon pelanggan.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan pertanyaan lain yang membantu Anda terhubung dengan audiens Anda akan membantu Anda menemukan beberapa ide postingan menarik untuk digunakan di kalender konten Anda. Sesuaikan strategi konten Instagram Anda untuk memberikan apa yang ingin mereka lihat kepada audiens dan calon pelanggan Anda.

Waktu yang Tepat

Meskipun algoritma Instagram terus berubah, satu hal yang konsisten adalah prioritas pada keterlibatan. Memposting pada waktu yang tepat saat audiens sedang aktif dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan.

Tujuannya adalah untuk memposting konten Anda pada waktu yang tepat ketika pengguna paling aktif dan kemungkinan besar akan terlibat dengannya. Sebuah studi pernah dilakukan tentang penggunaan media sosial, dimana hari selasa merupakan hari terbaik untuk memposting, dengan jam sibuk pada pukul 11.00 hingga 14.00.

Tetapi waktu optimal secara spesifik dapat bervariasi tergantung pada faktor seperti lokasi, jenis usaha dimana berada, dan perilaku audiens.

Menceritakan Secara Visual

Agar merek memberikan dampak yang bertahan lama tentunya hal itu harus mudah diingat. Dan di situlah menggunakan teknik storytelling. Instagram adalah platform yang sempurna untuk membuat cerita secara visual yang menarik dan menawan tentang brand. Mulailah membuat visual dalam menceritakan kisah menarik tentang sejarah dari brand, kisah pelanggan, pengalaman karyawan, atau pengaruh dari brand.

Brand Equinox menggunakan pendekatan ini untuk menceritakan tentang kebugaran sebagai gaya hidup. Equinox memanfaatkan Instagram dalam berbagi cerita visual menawan yang terkait dengan slogan merek mereka “It’s Not Fitness. It’s Life.”

Menggunakan hashtag untuk meningkatkan penemuan konten

Hashtag menjadi teman terbaik di Instagram, karena dapat membantu konten muncul di hasil pencarian tagar tersebut dan di halaman explore dari orang orang yang telah melihat atau berinteraksi dengan konten serupa. Oleh karenanya hashtag adalah cara yang efektif dalam meningkatkan penemuan konten dan visibilitas brand secara keseluruhan.

Manfaatkan tagar khusus dan tagar terkait industri terkait yang dapat membantu mencari audiens yang tepat. Memilih tagar yang paling sering digunakan secara global atau regional menghindari dari ketersesatan informasi, tagar yang memberi makna secara relevan dengan produk atau layanan sepertinya akan akan menampilkan konten di depan calon potensial pelanggan. Dan jangan lupa untuk membagikan tagar branded (frasa bertagar yang digunakan di media sosial yang dikaitkan dengan merek tertentu).

Memaksimalkan games, kontes & tantangan

Salah satu praktik terbaik Instagram dalam menghasilkan banyak interaksi adalah menggunakan game, kontes, dan tantangan, cenderung menjadi daya tarik karena melibatkan langsung partisipasi audiens. Jika memberikan hadiah dalam kontes dan permainan, audiens akan lebih terlibat karena mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari merek yang mereka ikuti atau yang terkait dengan minat mereka.

Games dapat berupa kuis dan trivia yang menyenangkan untuk membuat audiens berkomentar. Atau dengan menjalankan kontes membagian produk sebagai hadiah dengan melibatkan orang-orang yang menyukai, berkomentar, berbagi, atau menandai teman-teman mereka di komentar.

Banyak kontes juga melibatkan membuat orang membuat User Generated Content (UGC), yang selanjutnya akan menempatkan brand di depan pengikut mereka dan memberikan persediaan konten untuk dijadwalkan dalam kalender penerbitan. Demikian pula, dengan membuat tantangan yang melibatkan pengikut dalam mengambil tindakan tertentu. Hal ini bisa berupa kegiatan apa saja, dari menyusun tampilan riasan di sekitar tema tertentu atau menari dalam koreografi tertentu. Dorong mereka untuk berbagi konten yang menunjukkan mereka melakukan tantangan, yang mendorong lebih banyak visibilitas merek saat mereka menggunakan tagar bermerek yang relevan dan menandai akun.

Menggunakan iklan berbayar Instagram untuk memperluas jangkauan

Jangkauan organic brand pada sosial media saat ini lebih menantang dari sebelumnya dengan begitu aktifnya platform Instagram. Ketika tarif iklan di Instagram lebih baik dibandingkan dengan platform yang lainnya, analis media sosial Ignite menemukan bahwa dari kurang lebih 150,000 pengikut hanya 14,100 yang melihat postingan organik dalam feed mereka

Visibillitas brand dapat ditingkatkan dan mempromosikan Instagram dengan menggunakan iklan berbayar. Penargetan berbayar dapat membantu konten mendapat jangkauan di luar audiens saat ini yang melihat konten secara organik

Gunakan iklan berbayar untuk menargetkan pengguna yang sangat relevan yang kemungkinan tertarik akan produk dan konten. Iklan di Instagram memungkinkan dalam menampilkan brand kepada orang yang tepat menggunakan opsi penargetan yang terperinci dengan harapan dapat menarik pengikut baru dan pelanggan baru.

Bahkan jika tidak ingin menggunakan iklan berbayar secara rutin, patikan bahwa hal itu menjadi bagian dari strategi saat meningkatkan kampanye baru atau dalam mengembangan jangkauan akun.

Bermitra dengan influencer untuk menjangkau audiens baru

Dengan kemampuan menjangkau ratusan ribu orang melalui postingan, influencer dapat menambah bahan bakar dalam upaya promosi Instagram suatu brand. Pemasaran melalui influencer adalah cara lain dalam menampilkan merek di depan audiens baru, dan kepercayaan audiens terhadap rekomendasi influencer dapat menjadi dorongan besar bagi basis pelanggan.

Ketika berpartner dengan influencer, pentingnya untuk bekerja dengan orang-orang yang memiliki basis audiens yang saling berkaitan dengan brand. Dengan kata lain, pastikan hanya bermitra dengan influencer yang dapat menjangkau audiens target Anda, yang artinya bahwa orang orang yang telah membuat pengaruh di industri saat ini atau yang terkait. Sebagai contoh, influencer makanan vegan untuk brand yang menjual produk ramah lingkungan dan organik.

Membuat keputusan berdasarkan data

Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah kekuatan data. Jika ingin membuat Instagram bekerja sebagai alat bisnis, praktik terbaik seperti melacak kinerja postingan dan mengukur keterlibatan audiens sangat penting. Selama tahu apa yang harus dicari, data dapat menginformasikan strategi konten dan keputusan pemasaran.

Berikut adalah beberapa ide:

  • Melacak komentar dan kinerja postingan untuk melihat bagaimana audiens merespons gaya postingan tertentu. Kemudian gunakan pengetahuan tersebut untuk mengubah strategi konten di Instagram.
  • Membuat keputusan berdasarkan data tentang influencer mana yang harus menjadi mitra berdasarkan orang-orang yang diikuti dan dicari oleh audiens target Anda.
  • Memantau tren di Instagram untuk mendapatkan pandangan ke depan tentang cara membuat posting yang tepat waktu, menyesuaikan kampanye, atau membuat yang baru.
  • Mengukur keterlibatan pemirsa dalam melihat bagaimana kinerja kampanye. Kemudian cari peluang untuk meningkatkan, memodifikasi, atau mereplikasi kampanye untuk hasil yang lebih baik.

Melacak data akan memberikan wawasan yang tepat tentang apa yang berhasil dan strategi apa yang tidak berhasil, serta memungkinkan dalam menyempurnakan pendekatan.

Menggunakan data secara efektif berarti Anda tidak hanya memproduksi konten dan kampanye untuk Instagram, tetapi juga menciptakan sumber pembelajaran yang tak ternilai tentang apa yang berhasil untuk merek dan basis pelanggan dalam perjalanannya.

Menjadikan Instagram bekerja untuk brand

Keefektifan Instagram menjadi awal yang baik untuk brand di level manapun dalam membangun audiens baru atau membawa kehadiran akun brand di level berikutnya.

Sumber : https://sproutsocial.com/insights/instagram-best-practices/

Photo by : Souvik Banerjee