5 Tren di Masa Depan untuk Pembelajaran

Perubahan teknologi dan kebutuhan industri di masa depan mengubah cara manusia belajar. Pandemi memaksa semua warga di dunia untuk tetap tinggal di dalam rumah. Berkat teknologi proses pembelajaran formal yang biasanya dilakukan dengan tatap muka, berubah drastis dan memaksa kita untuk menggunakan teknologi sebagai medianya.Tren pembelajaran ini meningkat. Bukan hanya pemelajar dewasa, tapi juga anak-anak memanfaatkan teknologi untuk belajar online.

Dalam beberapa tahun mendatang tentu kita akan penasaran dengan tren pembelajara apa yang mungkin berkembang. Berikut beberapa tren pembelajaran di masa depan.

Kolaborasi

Dalam sebuah project, seringkali dibutuhkan beberapa bidang ilmu lain untuk dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan. Kolaborasi lintas bidang sangat penting dalam dunia ilmiah modern. Misalnya dalam sebuah project sains teknologi, tentunya tidak hanya ahli sains saja yang tapi juga orang dari lintas bidang ilmu lain perlu ikut berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Belajar dari Usia Muda

Pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Anak-anak kecil mengadopsi dan menyimpan informasi dan bagaimana mereka mengembangkan minat dan kecenderungan mereka. Saat anak tumbuh dan mulai menjelajahi dunia di sekitar mereka, bisa menggunakan pendekatan STEM untuk mendidik anak-anak dan menginspirasi mereka untuk semangat belajar.

Pembelajaran Online Berkembang Pesat

eLearning adalah tren terbesar dalam dunia pendidikan terlebih selama pandemi. eLearning memang pada awalnya dilakukan untuk belajar mandiri, namun saat ini perkembangannya eLearning akan diperkaya sumber belajar yang luas, video menarik dan kurikulum yang melengkapi buku teks yang digunakan siswa di sekolah.

Poin pentingnya adalah menciptakan lingkungan belajar online yang menyenangkan dan menarik, menyimpan informasi menjadi lebih mudah, dan belajar sepanjang hayat. Terlebih lagi, platform pembelajaran online memungkinkan siswa untuk memperluas minat mereka dan mempelajari materi pelajaran lebih dalam, yang pada akhirnya akan menginspirasi mereka untuk membangun karir yang berkembang dan menyeluruh.

Menggunakan VR untuk Belajar

Virtual Reality adalah hal yang menarik bagi siswa, membuat pembelajaran menjadi konkret, tidak lagi abstrak. VR memungkinkan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang sepenuhnya digital, memungkinkan guru untuk membawa mereka dalam petualangan pembelajaran yang hebat tanpa harus meninggalkan kelas.

Siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana tata surya di semesta dengan melakukan perjalanan melalui ruang angkasa di pesawat ruang angkasa VR, atau untuk menjelajahi seluk-beluk tubuh manusia. Teknologi VR dapat membantu siswa belajar lebih mudah.

AI dalam Proses Pembelajaran

AI sangat membantu manusia dalam aspek kehidupan, begitupun dengan proses pembelajaran. AI bisa mengubah cara guru mengajar, memetakan kebutuhan dan menganalisisnya. Tentunya akan mengoptimalkan proses pembelajaran untuk mecapai tujuan yang lebih baik.

Teknologi yang terus menerus berkembang akan semakin membuat perubahan dalam proses pembelajaran. Mengadopsi teknologi dalam pembelajaran adalah salah satu langkah bagi pengajar untuk memudahkan prosesnya serta memberikan hasil yang lebih baik dibanding sebelumnya.

 

Sumber : https://www.learningresources.com/blog/5-future-trends-learning-development/

Uswah