Era pandemi yang masih berlangsung saat ini menuntut kita untuk terus berubah dan beradaptasi dengan situasi yang baru. Termasuk juga dengan cara belajar, jika dahulu sekolah bisa dilakukan dengan tatap muka, namun mendadak semua harus dikerjakan secara online. Banyak yang sulit menjalani perubahan ini, baik dari segi pendidik, orangtua maupun peserta ajar itu sendiri. Maka untuk memudahkan proses belajar dengan baik secara online, mari kita mengulik lebih dalam tentang strategi Belajar Mandiri. Banyak yang mengartikan bahwa belajar mandiri adalah belajar seorang diri, namun artinya bukanlah hal itu. Belajar mandiri adalah kegiatan belajar yang diawali dengan kesadaran adanya masalah, disusul dengan timbulnya niat melakukan kegiatan belajar secara sengaja untuk menguasai sesuatu kompetensi yang diperlukan guna mengatasi masalah. (Haris Mudjiman, 2008). Sehingga dapat kita artikan belajar mandiri dilakukan dengan inisiatif sendiri dan secara aktif mencari tahu informasi untuk menguasai suatu kompetensi.

Meskipun namanya Belajar Mandiri, tapi kita tetap bisa juga untuk belajar dan berdiskusi dengan teman kelompok atau mencari bantuan dari yang lebih ahli. Ketika anda mulai untuk belajar mandiri, anda tidak harus memaksakan untuk belajar seorang diri, anda tidak dituntut untuk mengetahui semua hal, tapi anda sudah tahu kapan anda membutuhkan bantuan seperti diskusi tim, menghubungi guru atau mencari sumber infomasi belajar seperti buku, video dan forum diskusi. Sehingga agar kamu dapat belajar mandiri secara efisien, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Memiliki Jadwal Belajar yang Teratur
    Disiplin adalah kunci utama untuk bisa belajar mandiri. Anda bisa mengatur jadwal harian anda, membagi waktu antara bekerja, belajar, istrahat dan melakukan kegiatan lainnya. Jadwal yang teratur membantu anda membangun kebiasaan baik dan memaksimalkan waktu yang anda miliki untuk pengembangan diri.

  2. Membangun Rasa Insiatif untuk Ingin Lebih Tahu
    Anak muda saat ini pasti mengenal istilah ‘KEPO” atau Knowing Every Particular Object , ya ini istilah buat orang-orang yang memiliki inisiatif tinggi untuk mencari tahu sampai detail tentang sebuah object. Nah sudah saatnya hasrat ingin tahu yang tinggi ini kita arahkan ke arah yang positif, aktif mencari sumber belajar, mencari tutor atau pembimbing, membaca ddandan bergabung dengan  forum diskusi
  3. Memiliki Motivasi yang Kuat
    Inisiatif tidak berjalan tanpa adanya motivasi. Tanamkan dalam pikiran anda motivasi seperti apa yang mendorong anda untuk belajar, apakah untuk memecahkan masalah, meraih sebuah jabatan, ingin memiliki kemampuan lain yang mendatangkan penghasilan, atau mencapai penghargaan? Sehingga dengan motivasi yang kuat , proses belajar pun lebih mudah dan tidak berat untuk dilaksanakan.

Demikian strategi belajar mandiri yang dapat anda terapkan dalam masa pandemi ini,  ayo maksimalkan setiap sumber daya yang anda miliki untuk meningkatkan kemampuan anda.

 

Refrensi:
Haris Mudjiman, Belajar Mandiri, (Surakarta : UNS Press, 2008)
https://mahasiswa.ut.ac.id/belajar-mandiri